Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Mambaul Ulum Jember

Rohmah, yurita Atul (2023) Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Mambaul Ulum Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI YURITA ATUL ROHMAH.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: media diorama, pembelajaran IPA, kelas IV

Media pembelajaran menempati posisi paling krusial dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat digunakan dan dikembangkan salah satunya adalah media diorama. Media diorama merupakan media tiga dimensi mini yang bertujuan untuk menggambarkan pemandangan yang sebenarnya. Media diorama juga dikenal efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa saat proses pembelajaran. Selain terbuat dari bahan yang simple dan mudah ditemui, media diorama juga dapat diterapkan pada berbagai mata pelajaran dan jenjang pendidikan terlebih pada pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Fokus penelitian dan pengembangan dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media diorama pada pembelajaran IPA kelas IV di MI Mambaul Ulum Jember? 2) Bagaimana kelayakan media diorama pada pembelajaran IPA kelas IV di MI Mambaul Ulum Jember?. Sedangkan tujuan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media diorama pada pembelajaran IPA kelas IV di MI Mambaul Ulum Jember. 2) Untuk mengetahui kelayakan media diorama pada pembelajaran IPA kelas IV di MI Mambaul Ulum Jember.
Pengembangan media diorama pada pembelajaran IPA kelas IV di MI Mambaul Uluum Jember menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah media diorama yang memuat materi IPA tentang “bagian-bagian tumbuhan” dengan menggunakan bahan alas dari kayu dan diberi rumput sintetis serta diberi beberapa miniatur hewan dan pohon yang terdapat buah dan akarnya. Serta adanya ringakasan materi dan video (barcode) yang dapat menunjang penyampaian materi tentang bagian-bagian tumbuhan secara lebih detail dan jelas. 2) Hasil kelayakan media diorama dibuktikan dengan uji validasi yang dilakukan oleh tiga validator, yaitu validasi media, validasi materi dan validasi ahli pembelajaran. Adapun rata-rata hasil persentase yang diperoleh dari tiga validator adalah 89% yang artinya media diorama dikategorikan sangat valid atau layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yurita Atul Rohmah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:31
Last Modified: 11 Jul 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26388

Actions (login required)

View Item View Item