Kemampuan konjektur matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso dalam materi pola bilangan

Hidayat, Thabrani (2023) Kemampuan konjektur matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso dalam materi pola bilangan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi)
Thabrani Hidayat_T20197080.pdf

Download (4MB)

Abstract

Proses konjektur adalah aktivitas mental yang membangun konjektur berdasakan pengetahuan yang telah dimiliki. Aktivitas mental yang membangun konjektur yang dimaksud adalah proses konjektur atau terjadinya proses yang terjadi pada pikiran yang muncul melalui perilaku peserta didik saat menyelesaikan masalah.Proses konjektur sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika karena pada mata pelajaran ini memerlukan proses bernalar terkhusus pada materi pola bilangan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kemampuan konjektur matematis siswa dalam materi pola bilangan? adapun tujuan penelitian pada skripsi ini agar peneliti dapatmengetahui kemampuan konjektur matematis siswa dalam materi pola bilangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dekriptif, teknik pengumpulan data dengan memberikan soal tes dan wawancara yang dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Analisis data menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik yang membandingkan data yang diperoleh dari hasil soal tes dengan wawancara, dengan begitu peneliti dapat mengetahui bahwa data yang diperoleh dapat dikatakan absah.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan konjektur siswa yang berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah memiliki perbedaan pada proses pendugaan dengan melihat struktur berpikir di atas. Perbedaan tersebut terjadi pada proses pendugaan pengamatan masalah, merencanakan dugaan, pendugaan rumus umum, pengaplikasian dugaan, kemudian pemvalidasian atau evaluasi rumus yang diduga di setiap subjeknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010504 Mathematical Aspects of General Relativity
Depositing User: Mr Thabrani Hidayat
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:26
Last Modified: 11 Jul 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item