Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) terintegrasi nilai-nilai keislaman konteks kitab aqidatul awam pada materi aljabar kelas Vll MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2022/2023

Habibur Rohman, Fikri (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) terintegrasi nilai-nilai keislaman konteks kitab aqidatul awam pada materi aljabar kelas Vll MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi)
FIKRI HABIBUR ROHMAN_T20197064.pdf

Download (10MB)

Abstract

LKPD merupakan bahan ajar cetak berupa lembaran kertas berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik yang mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan LKPD yang terintegrasi nilai-nilai keislaman konteks kitab Aqidatul Awam.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Konteks Kitab Aqidatul Awam Pada materi Aljabar? 2) Bagaimana kevalidan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Konteks Kitab Aqidatul Awam Pada materi Aljabar? 3) Bagaimana kepraktisan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Konteks Kitab Aqidatul Awam Pada materi Aljabar? 4) Bagaimana keefektifan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Konteks Kitab Aqidatul Awam Pada materi Aljabar?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses pengembangan LKPD. Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Konteks Kitab Aqidatul Awam Pada materi Aljabar. 2) Mendeskripsikan hasil Validasi LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Konteks Kitab Aqidatul Awam Pada materi Aljabar. 3) Mendeskripsikan hasil kepraktisan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Konteks Kitab Aqidatul Awam Pada materi Aljabar. 4) Mendeskripsikan hasil keefektifan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Konteks Kitab Aqidatul Awam Pada materi Aljabar.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan yaitu Four-D (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Untuk mengetahui kelayakan penelitian ini menggunakan uji kevalidan, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar.
Hasil validasi para ahli memperoleh nilai rata-rata 87,40 % dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil nilai validasi kostruk memperoleh rata-rata 91,38% kriteria sangat valid. Hasil nilai kepraktisan angket guru memperolen nilai rata-rata 94% dan untuk angket peserta didik memperoleh nilai rata-rata 86,32% dengan kriteria sangat praktis. Hasil nilai keefektifan memperoleh nilai rata-rata 76,47 % dengan kriteria efektif. Dengan demikian produk rancangan LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010106 Lie Groups, Harmonic and Fourier Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Fikri Habibur Rohman
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:28
Last Modified: 11 Jul 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26392

Actions (login required)

View Item View Item