Komunikasi interpersonal penghulu KUA pada pelaksanaan kursus calon pengantin dalam membentuk keluarga sakinah di kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi

Sa'diyah, Hamidatus (2023) Komunikasi interpersonal penghulu KUA pada pelaksanaan kursus calon pengantin dalam membentuk keluarga sakinah di kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hamidatus Sa'diyah_D20181008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang komunikasi interpersonal penghulu pada pelaksanaan kursus calon pengantin dalam membentuk keluarga sakinah di Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. KUA yang menjadi pelaksana harus bisa mengoptimalkan dan memanfaatkan prasarana dalam melaksanakan kursus calon pengantin. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan hal tersebut adalah bagaimana cara komunikasi penghulu saat memberikan materi pada pelaksanaan kursus tersebut. Sehingga apa yang disampaikan bisa dipahami dengan baik serta bermanfaat bagi catin ketika berkeluarga dan pencapaian keluarga sakinah dapat terwujud.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses komunikasi interpersonal penghulu pada pelaksanaan kursus calon pengantin dalam membentuk keluarga sakinah di KUA Cluring ? 2) Bagaimana efektivitas komunikasi interpersonal penghulu pada pelaksanaan kursus calon pengantin dalam membentuk keluarga sakinah di KUA Cluring ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses komunikasi interpersonal penghulu pada pelaksanaan kursus calon pengantin di KUA Cluring. 2) Untuk mendeskripsikan efektivitas komunikasi interpersonal penghulu pada pelaksanaan kursus calon pengantin di KUA Cluring.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun sumber data pada penelitian adalah Penghulu, Penanggung jawab kegiatan kursus calon pengantin dan 5 pasangan pengantin. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian adalah 1) proses komunikasi interpersonal penghulu mengacu pada komunkasi yang cara penyampaian pesannya secara informatif dan persuasif serta menggunakan komunikasi dialogis; 2) Efektivitas komunikasi interpersonal yang terjadi kepada calon pengantin pada saat kursus tersebut adalah: Menimbulkan kesenangan, menimbulkan pengertian, perubahan sikap, hubungan makin baik dan pengaruh tindakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Depositing User: Ms Perpus UIN KHAS Jember Hamidatus Sa'diyah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:18
Last Modified: 11 Jul 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26397

Actions (login required)

View Item View Item