Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 2 Al-Qur’anul Hakim Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Kirbillah, Nur Rahmi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 2 Al-Qur’anul Hakim Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Rahmi Kirbillah T20194150.pdf

Download (25MB)

Abstract

Nur Rahmi Kirbillah, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 2 Al-Qur’anul Hakim Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata kunci : smart card, media pembelajaran, ADDIE

Permendikbud nomor 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, posisi atau status mata pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar belum disebukan sebagai muatan lokal atau ekstrakurikuler. Namun beberapa sekolah masih menetapkan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal wajib. Penelitian ini memfokuskan kepada pengembangan media belajar dalam materi kosakata Bahasa Inggris Public Places (Tempat-Tempat Umum) yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 2 Al-qur’anul Hakim Kota Probolinggo.
Rumusan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Proses Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 2 Al-qur’anul Hakim Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023? (2) Bagaimana Kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 2 Al-qur’anul Hakim Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitan Research & Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE dari Robert Maribe Branch pada tahun 2009, yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (Evaluasi).
Hasil penelitian ini yang ini 1) Proses ADDIE pada pengembangan media pembelajaran Smart Card yakni : a. Analisis, yang memfokuskan pada permasalahan dan kebutuhan peserta didik yang dalam hal ini berkaitan dengan media pembelajaran yang digunakan, b. Desain, mengenai proses merancang produk yang dikembangkan dalam hal ini adalah media pembelajatan Smart Card, c. Pengembangan, hal ini didasarkan pada penilaian, saran dan komentar para validator sesuai dengan bidang masing-masing, d. Implementasi, dalam penelitian ini diujicobkan pada kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 2 Al-qur’anul Hakim dengan skala kecil dan skala besar, e. Evaluasi, dilakukan secara formatif pada setiap tahap bertujuan untuk menyempurnakan setiap tahap dalam ADDIE. 2) Hasil kelayakan didasarkan pada penilaian angket dari ahli media sebesar 93,84%, ahli materi sebesar 96,92% dan guru Bahasa Inggris sebesar 94,54%, selain itu juga terdapat hasil uji respon yang dilakukan oleh siswa dengan jumlah rerata sebanyak 92,05%. Berdasarkan hasil kelayakan tersebut, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Smart Card kosakata Bahasa Inggris layak digunakan dengan revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rahmi Kirbillah
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:16
Last Modified: 11 Jul 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26400

Actions (login required)

View Item View Item