Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember

Uswatun, Hasanah (2023) Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH (1).pdf

Download (27MB)

Abstract

Guru sebagai komponen utama dalam proses pembelajaran memegang peranan penting. Peran guru yaitu mendidik, mengajar, membimbing dan melatih serta memotivasi siswa, sehingga mampu untuk berdisiplin, agar berhasil dalam menempuh pendidikan. Dalam menjalankan tugas, guru harus memiliki seperangkat kemampuan baik dalam bidang yang akan disampaikan, maupun kemampuan untuk menyampaikan bahan itu agar mudah diterima oleh siswanya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember? 2) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember? 3) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember. 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini dipilih secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan 4 langkah. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Kesimpulan yang diperoleh dari dari penelitian ini adalah: 1) Peran guru sebagai pembimbing yaitu, guru mampu membimbing siswa yang mengalami kesulitan dan hambatan dengan cara selalu mengontrol perilaku siswanya di sekolah setiap hari, guru juga harus mengawasi bagaimana siswa bersikap di sekolah, sehingga bisa membentuk dan membimbing siswa dengan baik, khususnya disiplin dalam belajarnya. 2) Peran guru sebagai pendidik yaitu, guru melakukan langkah-langkah dengan cara mengembangkan kepribadian dan membina budi pekerti siswa, sehingga dengan langkah-langkah yang telah dilakukan, peran guru sebagai pendidik telah mampu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. 3) faktor penghambatnya adalah siswa kurang kesadaran akan pentingnya tanggung jawab belajar untuk keberhasilan dirinya. Kemudian dari segi keluarga yaitu kurangnya dukungan, selanjutnya dari pengawasan guru terhadap siswa yang terbatas. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kesadaran siswa akan pentingnya kedisiplinan belajar serta sadar akan tanggung jawabnya sebagai seorang siswa. Kemudian dari aspek keluarga yang mendukung setiap hal yang dilakukan siswa, selain itu faktor keteladanan kepala sekolah, guru, dan semua staf yang ada di sekolah dan pemberian hukuman jika siswa melanggar peraturan yang berlaku di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Ms Uswatun Hasanah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:36
Last Modified: 11 Jul 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26401

Actions (login required)

View Item View Item