IMPLEMENTASI UMPAN BALIK LANGSUNG PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE TEKA TEKI SILANG DI SMAN RAMBIPUJI JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Ifadah, Nurul (2023) IMPLEMENTASI UMPAN BALIK LANGSUNG PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE TEKA TEKI SILANG DI SMAN RAMBIPUJI JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NURUL IFADAH T20191427 FIKS.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Nurul Ifadah : 2023 : Implementasi Umpan Balik Langsung Pada Pelajaran PAI Menggunakan Metode Pembelajaran Teka-Teki Silang di SMAN Rambipuji
Kata Kunci : Umpan balik langsung, Teka-Teki Silang

Untuk menjadikan guru kreatif, profesional dan menyenangkan maka seorang guru dituntut memiliki kemampuan dalam mengolah pembelajaran, yaitu upaya seorang guru dalam persiapan mengajar termasuk memilih strategi pembelajaran yang efektif. Dengan ini perlu adanya strategi pembelajaran yang dinamakan yang dinamakan umpan balik langsung. pemberian umpan balik langsung pasti perlu adanya mempersiapkan serta mempertimbangkan apa saja langkah-langkah strategis yang dilakukan agar murid bisa menangkap materi atau umpan balik dari guru. Pemberian umpan balik langsung ini strategi yang diberikan pada saat pembelajaran menggunakan metode Teka-teki silang.
Fokus dari penelitian ini yakni : 1. Bagaimana implementasi umpan balik langsung pada pelajaran PAI menggunakan metode pembelajaran teka-teki silang di SMAN Rambipuji? 2. Bagaimana langkah-langkah strategis umpan balik langsung pada pelajaran PAI menggunakan metode pembelajaran teka-teki silang di SMAN Rambipuji
Tujuan dari penilitian ini yakni : 1. Untuk mengetahui implementasi umpan balik langsung pada pelajaran PAI menggunakan metode pembelajaran teka-teki silang di SMAN Rambipuji 2. Untuk mengetahui Bagaimana langkah-langkah strategis umpan balik langsung pada pelajaran PAI menggunakan metode pembelajaran teka-teka silang di SMAN Rambipuji?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus, Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni : observasi wawancara dokumentasi dan rekaman. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini : 1. implementasi umpan balik langsung pada pelajaran PAI menggunakan metode pembelajaran teka-teki silang di SMAN Rambipuji. Hasil nya adalah implementasi umpan balik langsung menggunakan teka-teki silang sangatlah efektif untuk siswa yang sebelumnya pembelajaran online karena covid, karena menyenangkan serta tetap mendapatkan penjelasan materi.Yang membedakan disini adalah pembelajaran daring bisa dilaksanakan di rumah atau dimanapun dalam kegiatan apapun, tetapi jika pembelajaran luring harus dilaksanakan di sekolah dan mentaati peraturan sekolah dan guru. Apapun dampaknya pada saat transisi daring ke luring, guru tetaplah mengajar sebisa mungkin mengubah suasana kelas agar murid selalu nyaman pada saat pembelajaran luring. Tetapi, jika guru sudah berusaha membuat pembelajaran agar efektif dan efisien, dan murid tidak mendukung akibat masih ada karakteristik pembelajaran daring masih melekat dalam diri mereka maka itu akan mempersulit pembelajaran. 2. langkah-langkah strategis umpan balik langsung pada pelajaran PAI menggunakan metode pembelajaran teka-teki silang di SMAN Rambipuji. Hasilnya adalah Pada langkah-langkah strategis umpan balik menggunakan metode teka-teki silang sangat berpengaruh pada saat tidak adanya buku cetak, kurang memanage waktu, serta kelebihan dan kekurangan umpan balik langsung. Walaupun begitu langkah-langkah strategis berjalan lancar karena guru PAI sangatlah tau apa solusi yang tepat. Jika kita dapat menggunakan waktu dengan efektif dan efisien maka kita akan menghasilkan serta mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Dibalik murid yang belajar memanage waktu, ada guru yang harus mengajarkan serta mempertegas murid untuk bisa tepat waktu dalam mengerjakan apapun, karena setiap manusia pasti membutuhkan target untuk mencapai tujuan yang diinginkan, yakni salah satu nya dengan bisa memanage waktu, bukan hanya soal kehidupan, pekerjaan dll, tetapi pembelajaran juga memerlukan target untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien, dengan ini murid dan guru harus sama-sama bisa memanage waktu dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Ifadah
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:57
Last Modified: 14 Jul 2023 05:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26402

Actions (login required)

View Item View Item