Fitri, Andriani (2023) PENERAPAN METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI CALON GURU QIRAATI TPQ AL-MUBARAK PANCAKARYA AJUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember.
Text
FITRI ANDRIANI NIM T20191197.pdf Download (2MB) |
Abstract
Al-Qur‟an merupakan sumber pedoman hidup setiap manusia, khususnya
orang-orang Islam di dunia, Untuk itu belajar untuk meningkatkan kemampuan
membaca-Nya Merupakan suatu keharusan khususnya bagi seorang calon Guru.
Banyak metode pembelajaran Al-Qur‟an yang bisa dipakai dan diterapkan. Salah
satunya adalah metode Qiraati. Metode Qiraati adalah metode yang banyak
diminati karena dengan adanya banyak bukti atas keberhasilan untuk
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar.
Adapun fokus penelitiannya anatara lain: (1) Bagaimana Penerapan
Metode Qiraati Dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Aspek Makharijul Huruf Bagi Calon Guru
Qiraati TPQ Al-Mubarak Pancakarya Ajung? (2) Bagaimana Penerapan Metode
Qiraati Dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Untuk Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Qur‟an Aspek Tajwid Bagi Calon Guru Qiraati TPQ Al-Mubarak
Pancakarya Ajung? (3) Bagaimana Penerapan Metode Qiraati Dalam
Pembelajaran Al-Qur‟an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an
Aspek Kelancaran Bagi Calon Guru Qiraati TPQ Al-Mubarak Pancakarya Ajung?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan
Metode Qiraati Dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Bagi Calon Guru Qiraati TPQ Al-Mubarak
Pancakarya Ajung
Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan
deskriptif. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan
teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitiannya,
yaitu: pra lapangan, pelaksanaan, dan analisis data.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Penerapan Metode Qiraati Dalam
Pembelajaran Al-Qur‟an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an
Aspek Makharijul Huruf Bagi Calon Guru Qiraati TPQ Al-Mubarak Pancakarya
Ajung, terdiri dari beberapa langkah yaitu: a) Perencanaan yang diawali dengan
arahan penempuhan jilid yakni jilid 1 dan pemberian motifasi kepada calon guru.
b) Pelaksanaan pembelajaran yakni diawali dengan pembacaan materi tambahan
Atau MT secara klasikal selama 15 menit dan dilanjutkan membaca jilid 1 secara
Individual selama 1 jam. c) Evaluasi pembelajaran dengan proses penulisan hasil
belajar pada buku prestasi atau buku evaluasi. (2) Penerapan Metode Qiraati
Dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQur‟an Aspek Tajwid Bagi Calon Guru Qiraati TPQ Al-Mubarak Pancakarya Ajung, terdiri dari beberapa langkah yaitu: a) Perencanaan yang diawali dengan
arahan penempuhan jilid yakni jilid 2 sampai 6 dan pemberian motifasi kepada
calon guru. b) Pelaksanaan pembelajaran yakni diawali dengan pembacaan materi
tambahan Atau MT secara klasikal selama 15 menit dan dilanjutkan membaca
jilid sesuai dengan jilid yang ditempuh yakni dimulai dari jilid 2 sampai 6 yang
dilakukan secara Individual selama 1 jam. c) Evaluasi pembelajaran dengan
proses penulisan hasil belajar pada buku prestasi atau buku evaluasi. (3)
Penerapan Metode Qiraati Dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Aspek Kelancaran Bagi Calon Guru Qiraati
TPQ Al-Mubarak Pancakarya Ajung, terdiri dari beberapa langkah yaitu: a)
Perencanaan yang diawali dengan arahan penempuhan kelas selanjutnya yakni
kelas Al-Qur‟an dan pemberian motifasi kepada calon guru. b) Pelaksanaan
pembelajaran yakni diawali dengan pembacaan materi tambahan Atau MT secara
klasikal selama 15 menit, kemudian membaca Al-Qur‟an secara klasikal, lalu
dilanjutkan baca simak Al-Qur‟an selama 30 menit dan diakhiri membaca AlQur‟an secara klasikal kembali selama 15 menit c) Evaluasi pembelajaran dengan
proses penulisan hasil belajar pada buku prestasi atau buku evaluasi. Jika sudah
dinyatakan lulus maka melanjutkan dikelas Gharib dan Tajwid guna untuk
menambah pemahaman membaca Al-Qur‟an. Proses pembelajaran ini dilakukan
selama 5 hari yakni selain hari sabtu dan ahad dan dilakukan dimalam hari pada
pukul 19.45 sampai 21.00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | Mrs Fitri Andriani |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 07:45 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 07:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26412 |
Actions (login required)
View Item |