Analisis Efisiensi Pengeluaran Rumah Tangga Dari Pergeseran Konsumsi LPG Pada JARGAS (Jaringan Gas) Di Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih Kota Probolinggo

Laili, Halimatus Sa'diah (2023) Analisis Efisiensi Pengeluaran Rumah Tangga Dari Pergeseran Konsumsi LPG Pada JARGAS (Jaringan Gas) Di Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Laili Halimatus Sa’diah - WATERMAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Laili Halimatus Sa’diah, Dr. Nikmatul Masruroh, M.E.I 2023: Analisis Efisiensi Pengeluaran Rumah Tangga Dari Pergeseran Konsumsi LPG Pada JARGAS (Jaringan Gas) Di Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih Kota Probolinggo.
Pembangunan jaringan gas bumi di suatu wilayah merupakan salah satu kebijakan dari pemerintah yang sasarannya mulai dari masyarakat menengah ke bawah, serta penggunaan migas ini atau yang biasa disebut dengan jaringan gas ini lebih murah harganya daripada menggunakan gas Liquefied Petroleum Gas (LPG). Salah satu kota yang mendapat pembangunan jaringan gas ini adalah kota Probolinggo. Kota Probolinggo mulai menggunakan jaringan gas pada tahun 2018. Salah satu Desa yang menggunakan jaringan gas ini adalah Desa Pesisir. Di Desa Pesisir merupakan salah satu desa yang menjadi uji penggunaan jaringan gas tersebut. Pemasangan uji cob aini dimulai sejak tahun 2018 sehingga pemasangan jaringan gas di des aini sudah hampir mencapai 4 tahun lamanya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengeluaran rumah tangga di Desa Pesisir sebelum dan sesudah pergeseran konsumsi LPG pada Jargas? (2) Bagaimana efisiensi pengeluaran rumah tangga dari pergeseran konsumsi LPG pada Jargas di Desa Pesisir?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Mengetahui pengeluaran rumah tangga di Desa Pesisir sebelum dan sesudah pergeseran konsumsi LPG pada Jargas. (2) Mengetahui efisiensi pengeluaran rumah tangga dari pergeseran konsumsi LPG pada Jargas di Desa Pesisir.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field reserch). Dalam proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification (kesimpulan/ verifikasi). Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik atau metode.
Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Sebelum adanya pergeseran konsumsi masyarakat cenderung mengeluarkan sekitar Rp57.000 sampai dengan Rp76.000 untuk membeli gas LPG setiap bulannya. Namun, setelah adanya pergeseran konumsi tersebut masyarakat banyak yang menghemat pengeluaran rumah tangga, dari yang semula sekitar Rp57.000 sampai dengan Rp76.000 menjadi sekitar Rp30.000 sampai dengan Rp60.000. (2) Masyarakat Desa Pesisir memilih beralih menggunakan JARGAS dikarenakan JARGAS lebih efisien dibandingkan gas LPG. Penggunaan JARGAS lebih hemat sebab harga JARGAS lebih murah dibandingkan gas LPG, serta penggunaan JARGAS juga lebih praktis dan mudah. Sehingga JARGAS lebih efisien daripada gas LPG.

Kata Kunci: Efisiensi, Pengeluaran Rumah Tangga, Pergeseran Konsumsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Laili Halimatus Sa'diah
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:10
Last Modified: 11 Jul 2023 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26413

Actions (login required)

View Item View Item