Pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan aspek seni anak usia dini kelompok B1 di RA muslimat NU 34 Sukosari Lumajang tahun pelajaran 2022/2023

Nafisah, Della fachrun (2023) Pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan aspek seni anak usia dini kelompok B1 di RA muslimat NU 34 Sukosari Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
DELLA FACHRUN NAFISAH_T20185085.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran mewarnai gambar merupakan pembelajaran yang dilakukan
di setiap tema pembelajaran, dengan mewarnai gambar sesuai dengan tema. Guru
RA Muslimat NU 34 Sukosari Lumajang sudah memprogramkan pembelajaran
mewarnai gambar untuk mengembangkn aspek seni anak usia dini kelompok B1.
Aspek seni merupakan hasil karya ciptaan manusia yang kualitasnya dapat
menimbulkan hasil karya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan
aspek seni anak usia dini kelompok B1 di RA Muslimat NU 34 Sukosari
Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah:
mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan aspek seni anak usia dini
kelompok B1 di RA Muslimat NU 34 Sukosari Lumajang tahun pelajaran
2022/2023.
Pendekatan yang menggunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research).
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan
penarika kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan 1) perencanaan
pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan aspek seni yaitu, (a)
Guru menyiapkan Sketsa berupa lembar kerja (b) Guru menyuruh murid
membawa alat mewarnai (c) Guru menyiapkan penilaiaan observasi(d) Guru
menyiapkan penilaiaan hasil karya(e) Guru menyiapkan penilaiaan catatan
anekdot 2) pelaksanaan pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan
aspek seni, terdapat tiga langkah (a) kegiatan pembuka yang (b) kegiatan inti (c)
kegiatan penutup 3) evaluasi pembelajaran mewarnai gambar untuk
mengembangkan aspek seni yang digunakan yaitu observasi, hasil karya, catatan
anekdot, dengan melihat pencapaian perkembangan peserta didik dikelompok
B1.
Kata kunci : Pembelajaran Mewarnai Gambar, Mengembangkan aspek seni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Ms Della fachrun Nafisah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:50
Last Modified: 11 Jul 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26420

Actions (login required)

View Item View Item