KONSEP MAHAR DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN TRADISI MAHAR DI INDONESIA (KAJIAN TAFSIR AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB)

Umami, Mufaidatul (2023) KONSEP MAHAR DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN TRADISI MAHAR DI INDONESIA (KAJIAN TAFSIR AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUFA HARD.pdf

Download (17MB)

Abstract

Mufaidatul Umami, 2023: Konsep Mahar Dalam Al-Qur‟an (Kajian Tafsir Al- Misbah Karya Quraish Shihab)
Kata Kunci: Konsep, Mahar, Al-Qur‟an, Al-Misbah
Dalam Al-Qur‟an terdapat ibadah, akidah, akhlak, muamalah, hukum- hukum, sejarah dan juga terdapat ilmu pengetahuan. Seperti tentang pernikahan dalam islam serta ketentuan mahar yang ada dalam pernikahan tersebut. Mahar merupakan suatu pemberian dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan yang ingin dinikahi sebagai tanda kasih sayang serta sebagai lambang kesedian suami untuk menanggung biaya hidup keluarganya. Fenomena yang terjadi di Indonesia yaitu seorang wanita yang meminta mahar begitu besar yakni berupa sertifikat tanah sehingga menyebabkan pihak laki-laki keberatan untuk memenuhinya dan menyebabkan gagalnya pernikahan. Tentu hal ini menjadi sebuah fenomena yang menarik untuk diteliti sehingga pemahaman peneliti khususnya serta pemahaman masyarakat yang salah terhadap apa mahar itu yang sebenarnya dapat diluruskan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiman konsep mahar dalam Al-Qur‟an perspektif Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah? 2) Bagaimana gambaran umum mahar dalam masyarakat islam pada umumnya di Indonesia? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan konsep mahar dalam Al-Qur‟an perspektif Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah. 2) Untuk menjelaskan penerapan mahar dalam masyarakat islam pada umumnya di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Reseach) dengan menggunakan metode tematis dan deskriptif-analisis. Maksudnya, dengan mengkaji tema tentang mahar yang ada di dalam Al-Qur‟an dari referensi atau rujukan berdasarkan dari buku, kitab tafsir, jurnal, ataupun karya ilmiyah yang serumpun dan berkaitan dengan penelitian ini. Kemudian menafsirkan serta menganilis tema tersebut dengan menggunakan tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) konsep mahar yang ada di dalam Al-Qur‟an menurut tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab yaitu tidak ada batasan tersendiri dalam penentuan kadar mahar, namun dalam islam menganjurkan bahwa untuk tidak berlebih-lebihan dalam menentukan mahar, karena mahar yang baik adalah mahar yang ringan dan tidak mempersulit pihak laki-laki. 2) mahar pada masyarakat di Indonesia pada umumnya tidak keluar dari apa yang dijelaskan dalam Al-Qur‟an, tetapi terdapat perbedaan adat istiadat seperti pada masyarakat adat Bugis dan Aceh yang menentukan kadar jumlah mahar sesuai dengan status sosial yang berarti tidak sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Mufaidatul Umami
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:37
Last Modified: 11 Jul 2023 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26421

Actions (login required)

View Item View Item