Pengaruh Rasio Kesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode Januari 2017 - Maret 2020

AMIR, Moch Nazihur Rizky (2023) Pengaruh Rasio Kesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode Januari 2017 - Maret 2020. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCH NAZIHUR RIZKY AMIR_E20161075.pdf

Download (4MB)

Abstract

Moch Nazihur Rizky Amir, Agung Pramono, S.E., M.Si. 2021 : Pengaruh Rasio Kesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode Januari 2017 – Maret 2020

Lembaga keuangan di Indonesia khususnya bank syariah selama beberapa tahun ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan karena banyaknya jumlah penduduk Muslim yang membutuhkan resolusi atas penerapan bunga yang ada pada bank konvensional. Kesehatan bank merupakan cerminan atas kondisi dan kinerja suatu bank.
Rumuan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: Apakah Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), Financing to Deposit Ratio (FDR), berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank Umum Syariah?
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank Umum Syariah
​Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Bank Umum Syariah (BUS) yang beroperasi di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sebanyak 14 BUS. Sampel ditentukan dengan metode pusposive sampling. Sampel berupa data keuangan Bank Umum Syariah (BUS) selama periode Januari 2017 – Maret 2020. Analis statistik yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan Statistic Program for Social Science (SPSS 22.0).
​Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio tidak memiliki pengaruh signifikan atau memiliki pengaruh signifikan tetapi sangat kecil terhadap Bank Umum Syariah di Indonesia; NPF berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA pada Bank Umum Syariah di Indonesia; BOPO (X3) berppengaruh negatif signifikan terhadap ROA Bank Umum Syariah di Indonesia; FDR bernilai positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA pada Bank Umum Syariah di Indonesia; secara bersama-sama CAR, NPF, BOPO, dan FDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja keuangan yaitu rasio ROA pada Bank Umum Syariah di Indonesia.


Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Assets (ROA), Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), Financing to Deposit Ratio (FDR), Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Moch Nazihur Rizky Amir
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:01
Last Modified: 12 Jul 2023 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26428

Actions (login required)

View Item View Item