Internalisasi nilai nilai multikultural melalui pembelajaran ips di SMP Minqotrotul Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022

Abdul, Ja'far and Umi, Fatah rahayu and Achmad, Rizwar (2023) Internalisasi nilai nilai multikultural melalui pembelajaran ips di SMP Minqotrotul Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
SYAFIRA NUR RAHMAWATI WATERMAK.pdf

Download (85MB)

Abstract

Syafira INur IRahmawati, 2023: IInternalisasi INilai INilai IMultikultural Melalui Pembelajaran IPSIdi ISMP IMinqotrotul IUlum IGumukmas Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata IKunci: IInternalisasi INilai-Nilai IMultikultural, IPembelajaran IPS
Indonesia Imerupakan Inegara Iyang Iterdiri Idari Iberbagai Imacam Isuku, bahasa, Ibudaya Idan Ilain Isebagainya.IMultikultural Imembicarakan Itentang masyarakat- Inegara, Ibangsa, Idaerah, Ibahkan Ilokasi Igeografis Iterbatas Iseperti kota Iatau Isekolah Iyang Iterdiri Idari Iorang-orang Iyang Imemiliki Ikebudayaan yang Iberbeda-beda.IMelalui Iinternalisasi Inilai-nilai Imultikultural Iini Imasyarakat dikenalkan Itentang Ikeragaman Idi IIndonesia. IInternalisasi Inilai-nilai multikultural ingin Imemberikan Ipenanaman Ikepada Ipeserta Ididik Imelalui Ipembelajaran Idi sekolah Itermasuk Ipembelajaran IIPS Iyang Idi Idalamnya Ijuga Imengajarkan Icara menghargai Ikeramagaman.
Fokus Ipenelitian Iini Iadalah: 1. Bagaimana transformasiInilai-nilai multikultural melalui pembelajaran IPSIdi SMP MinquIGumukmas Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2021/2022? 2. Bagaimana transaksiInilai-nilai multikultural melalui pembelajaran IPSIdi ISMP MinquIGumukmas Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2021/2022? 3. Bagaimana transinternalisasi nilai-nilai multikultural melalui pembelajaran IPSIdi ISMP MinquIGumukmas Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2021/2022?
Tujuan Ipenelitian Iini Iadalah: 1. Untuk mendeskripsikan transformasiInilai-nilai Imultikultural melalui pembelajaran IPSIdi ISMP MinquIGumukmas Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2021/2022? 2. Untuk mendeskripsikan transaksiInilai-nilai Imultikultural melalui pembelajaran IPSIdi ISMP MinquIGumukmas Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2021/2022? 3. Untuk mendeskripsikan transinternalisasi nilai-nilai multikultural melalui pembelajaran IPSIdi ISMP MinquIGumukmas Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2021/2022?
Dalam Ipenelitian Iini Imenggunakan Ipendekatan Ikualitatif. IAdapun Ijenis penelitian Iyang Idigunakan Iadalah Ijenis Ipenelitian Ilapangan. ISedangkan Iteknik pengumpulan Idata Iyang Idigunakan Iadalah Iobservasi, Iwawancara Idan dokumentasi. IAnalisis Idata Imenggunakan Imodel Iinteraktif IMiles Iand Huberman dengan Ilangkah-langkah IPengumpulan Idata, Ikondensasi Idata, Ipenyajian Idata dan Ipenarikan Ikesimpulan. IKeabsahan Idata Iyang Idigunakan Iyaitu Itriangulasi metode, Isumber Idan Iteori.
Adapun Ihasil Ipenelitian Iini Iyaitu I: I1) IProses Iinternalisasi Inilai-nilai multikultural Ipada Isiswa Idilakukan Idengan Iberbagai Icara Iyaitu Ipemberian materi Iyang Iberkaitan Idengan Ipendidikan Imultikultural Idalam Ipembelajaran IPS.IGuru Ijuga Imemberikan Inasehat Idan Iteladan Ikepada Isiswa Idalam kehidupan Isehari-hari Idan Imelalui Ikegiatan Ireligi/sosial Iyang Imelibatkan semua siswa Ibaik IsiswaIsehingga Iterjalin Ikerjasama.IAdapun Ifaktor Idari prosesIinternalisasi Ipendidikan Imultikultural Idalam Ipembelajaran IIPS Iyaitu fasilitas Imasjid Iyang Isudah Iada Idan Iwaktu Ikegiatan Iyang Idiberikan Ikepadan siswa Isesuai Idengan Ijadwalnya. ISedangkan Ifaktor Ipenghambatnya Iyaitu minimnya Ifasilitas Iterutama Iuntuk Inon Imuslim.I2) IHasil Iinternalisasi Inilai-nilai multukultural Idalam Ipembelajaran IIPS Iyaitu Isiswa Imuslim Imaupun Inon muslim Iyang Iberbeda Iagama, Iras Iatau Isuku Isaling Imenghargai Idan Ibekerja sama Isatu Isama Ilain Itanpa Iadanya Irasa Imembeda-bedakan. ISiswa Inon Imuslim yang Imemilih Imengikuti Iproses Ipembelajaran IIPS Imendapatkan Iilmu-ilmu IPS yang IlainjugaItentangnilai-nilai Imultikultural Idalam Ipembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Syafira Nur Rahmawati
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:44
Last Modified: 12 Jul 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26432

Actions (login required)

View Item View Item