PERAN WANITA KARIER DALAM KELUARGA (STUDI HADIS TEMATIK)

ika lestari, indah (2023) PERAN WANITA KARIER DALAM KELUARGA (STUDI HADIS TEMATIK). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
INDAH IKA LESTARI _U20192060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Wanita karier, Hubungan Keluarga, Hadis Tematik.
Wanita karier merupakan sosok seseorang yang melakukan aktivitas atau pun kegiatan yang berhubungan dengan profesi pekerjaan di luar rumah dengan harapan dapat mandiri dan sejahtera perihal kebutuhan hidup. Akan tetapi terdapat berbagai problematik ketika seorang wanita karier berprofesi di luar rumah, hal yang paling umum permasalahan pembagian waktu. wanita karier yang belum bisa membagi waktunya untuk kedua tugas tersebut, hal itu memberikan problematik keluarga yang berdampak kepada perselisihan bahkan sampai pada tahap perceraian. Sebab itu dilakukannya penelitian ini demi memberikan pemahaman yang konkret mengenai peran dan tugas wanita yang bekerja maupun dalam hubungan keluarga melalui hadis Nabi Muhammad SAW.
Penelitian ini akan mengkaji tentang: 1).Bagaimana pandangan Islam Tentang wanita karier? 2).Bagaimana wanita karier dalam hadis Nabi? 3).Bagaimana peran wanita karier menjaga kestabilan dan keharmonisan rumah tangga?
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan literatur kepustakaan dengan metode deskriptif-kualitatif serta pendekatan tematik (Maudu’i). Teknik pengumpulan data, melalui pengumpulan sumber kepustakaan pada Kutub Al-Sittah yang terdapat di perpustakaan dan menggunakan aplikasi digital seperti Maktabah Syamilah dan Ensiklopedi Hadis 9 Imam. Lalu teknik analisis data penelitian ini memakai metode deskriptif untuk menganalisis hasil penelitian yang bersifat literatur pustaka sehingga suatu kesimpulan tidak bersifat luas akan tetapi signifikan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Diperbolehkan dengan syarat seorang wamita dalam kondisi yang mendesak seperti seorang janda dengan tangungan seorang anak .dan kesulitan ekonomi 2) kategori klasifikasi Hadis tematik yang telah didapat adalah: Pertama, wanita dalam pandangan Islam; wanita tercipta dari tulang rusuk pria, wanita tercipta setara dengan laki-laki, wanita diciptakan sebagai perhiasan dunia. Kedua, wanita dalam hubungan rumah tangga; tanggung jawab istri dalam rumah tangga, etika wanita sebagai seorang istri, hak wanita sebagai seorang istri, wanita sebagai seorang ibu. Ketiga, wanita dalam dunia pekerjaan; diperbolehkannya wanita bekerja di luar rumah 3) Sebagai istri hendaknya bersikap lemah lembut, sebagai ibu hendaknya memberikan kasih sayang penuh, sebagai wanita yang bekerja di luar rumah hendaknya memprioritaskan keluarga terlebih dahulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms indah ika lestari
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:38
Last Modified: 12 Jul 2023 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item View Item