Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas X di SMK Roudlotul Hikmah Gresik Tahun Ajaran 2022/ 2023

Syayidatul Husnah, Adillah (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas X di SMK Roudlotul Hikmah Gresik Tahun Ajaran 2022/ 2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adillah Syayidatul Husnah__T20197008.pdf

Download (10MB)

Abstract

Matematika digunakan oleh semua orang melalui proses berhitung serta berpikir untuk menyelesaikan berbagai masalah, sehingga siswa dapat dilatih untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan tersebut dapat dilatih jika siswa memiliki dedikasi kuat dalam belajar matematika, maka siswa dapat bertindak secara positif terhadap matematika. Tindakan positif tersebut disebut dengan disposisi matematis. Disposisi matematis dapat terwujud jika siswa memiliki rasa suka terhadap masalah-masalah yang menjadi suatu tantangan serta melibatkan dirinya secara langsung dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu materi yang digunakan dalam memecahkan masalah matematika adalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari disposisi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas X di SMK Roudlotul Hikmah Gresik Tahun Ajaran 2022/ 2023?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari disposisi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas X di SMK Roudlotul Hikmah Gresik Tahun Ajaran 2022/ 2023.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data menggunakan model Milles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Triangulasi teknik tersebut dengan cara mengecek antara hasil tes dan wawancara.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) siswa dengan kriteria disposisi matematis sangat tinggi dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat baik, 2) siswa dengan kriteria disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik, 3) siswa dengan kriteria disposisi matematis sedang dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik, 4) siswa dengan kriteria disposisi matematis rendah dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi cukup baik.
Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Disposisi Matematis Siswa, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Analisis K Adillah Syayidatul Husnah
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:21
Last Modified: 12 Jul 2023 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26438

Actions (login required)

View Item View Item