Kegiatan Ekstrakurikuler Hadrah Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanggul Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Hasanah, Tasya (2023) Kegiatan Ekstrakurikuler Hadrah Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanggul Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tasya Umrotul Maulidhea Hasanah_T20191466.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam peningkatan karakter selain melalui kegiatan intrakurikuler disekolah tetapi juga melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan diluar kurikulum yang mampu mengembangkan kemampuan peserta didik. Salah satu ekstrakurikuler keagamaan yang terdapat di sekolah SMA Negeri 1 Tanggul Jember ialah hadrah. Ekstrakurikurikuler tersebut dilakukan untuk dapat mengembangkan bakat, minat, potensi, dan karakter dari peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan karakter pada peserta didik di SMA Negeri 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2022/2023?, 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan karakter pada peserta didik di SMA Negeri 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2022/2023?, 3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan karakter pada peserta didik di SMA Negeri 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2022/2023?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan karakter pada peserta didik di SMA Negeri 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2022/2023, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan karakter pada peserta didik di SMA Negeri 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2022/2023, 3) Mendeskripsikan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan karakter pada peserta didik di SMA Negeri 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman langkahnya berupa kondensi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu: triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Didalam perencanaannya kepala sekolah menentukan peraturan mengenai kewajiban bagi seluruh peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang mereka minati. Serta kepala sekolah, Pembina, dan juga pelatih menentukan mengenai tujuan dan rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan sekali dalam satu minggu. 2) Didalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan karakter menggunakan dua macam cara yang mengkombinasikan dua metode yaitu metode ceramah dan metode demonstrasi atau praktik. 3) Didalam evaluasi kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan karakter dilakukan dengan cara mengamati sikap serta perilaku dari peserta didik disekolah dalam berinteraksi dengan guru, warga sekolah yang lain, serta teman-temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms Tasya Hasanah
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:02
Last Modified: 12 Jul 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item