PERAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PENERIMAAN DIRI WARGA BINAAN LAPAS KELAS IIA JEMBER PASCA VONIS HUKUMAN

Putri, Rizkia Ramadhani (2023) PERAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PENERIMAAN DIRI WARGA BINAAN LAPAS KELAS IIA JEMBER PASCA VONIS HUKUMAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZKIA RAMADHANI PUTRI_D20163054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rizkia Ramadhani Putri, 2023: Peran Dukungan Keluarga Dalam Penerimaan Diri Warga Binaan Lapas Kelas II Pasca Vonis Hukuman
Penelitian ini berisikan tentang bagaimana peran dukungan keluarga dalam penerimaan diri Warga Binaan Lapas Kelas IIA Jember pasca vonis hukuman.Warga Binaan adalah seorang manusia atau anggota masyarakat yang dipisahkan dari induknya dan selama waktu tertentu diproses dalam lingkungan tempat tertentu dengan tujuan, metode dan sistem pemasyarakatan. Sebagai salah satu Negara hukum, pemerintah Indonesia akan menindak tegas semua warganya yang melakukan pelanggaran, baik pelanggaran dalam bentuk ringan, sedang hingga berat. Seseorang maupun kelompok yang melakukan pelanggaran maka akan ditahan di dalam rumah tahanan maupun lembaga pemasyarakatan dalam sistem pemenjaraan. Pelaku pelanggaran hukum bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, melainkan remaja dan anak-anak pun dapat terlibat. Maka untuk itu para Warga Binaan harus menyiapkan mental dan butuh dukungan keluarga dalam penerimaan diri sebagai Warga Binaan Lapas Kelas IIA Jember.
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran dukungan keluarga dalam penerimaan diri Warga Binaan di lapas klas IIA Jember pasca vonis hukuman? 2)Bagaimana perasaan-perasaan yang dirasakan warga binaan pasca vonis hukuman di Lapas kelas IIA Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat mendeskripsikan peran dukungan keluarga dalam penerimaan diri Warga Binaan lapas klas IIA Jember pasca vonis hukuman danMendeskripsikan perasaan-perasaan yang dirasakan warga binaan pasca vonis hukuman di Lapas kelas IIA Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan teori dukungan keluarga yang mana dukungan keluarga memiliki peranan besar dalam memberikan penguatan bagi anggota keluarga dalam menghadapi situasi tertentu.dukungan keluarga didasari oleh harapan, dan pola perilaku dari anggota keluarga, kelompok ataupun masyarakat. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa dukungan keluarga terhadap warga binaan merupakan suatu hal yang dibutuhkan, seperti halnya warga binaan Lapas Kelas IIA Jember. Adapun bentuk dukungan keluarga yang didapatkan oleh warga binaan Lapas kelas IIA Jember yakni berupa dukungan fisiologis seperti memberikan uang maupun membawakan perlengkapan sehari-hari, dukungan psikologis yakni berupa memberikan perhatian-perhatian, dan dukungan sosial yakni berupa memberikan saran, nasihat, maupun petunjuk untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial.

Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Penerimaan Diri, Lapas Kelas IIA Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: S.Sos Rizkia Ramadhani Putri Putri
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:40
Last Modified: 12 Jul 2023 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26445

Actions (login required)

View Item View Item