FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENABUNG TERHADAP TABUNGAN MUDHARABAH (TABAH) DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUL MAL WAT TAMWIL NUANSA UMAT CABANG JENGGAWAH

Wardatut, Toyyibah (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENABUNG TERHADAP TABUNGAN MUDHARABAH (TABAH) DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUL MAL WAT TAMWIL NUANSA UMAT CABANG JENGGAWAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Sidiq Jember.

[img] Text
WARDATUT TOYYIBAH_E20191120.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wardatut Toyyibah, Dr. M.F Hidayatullah, S.H.I, M.S.I, 2023: Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penabung Terhadap Tabungan Mudharabah (Tabah) di Koprasi Simpan Pinjam Pembiayaam Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Jenggawah.
Dalam kehidupan manusia memerlukan interaksi dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup, karena pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial. Minat penabung merupakan salah satu aspek psikologis yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap perilaku dan minat juga merupakan sumber motivasi yang akan mengarahkan seseorang dalam memutuskan apa yang akan mereka lakukan. Dan ada juga hal yang menjadi daya Tarik minat para penabung untuk menabung yaitu adanya sistem yang dilakukan untuk memberikan pelayanan kepuasan dan meningkatkan minat menabung melalui sistem jemput bola (door to door), sistem jemput bola merupakan andalan utama dalam melayani penabung dan juga mempermudah bagian penabung. Disisi lain terdapat bagi hasil setiap bulannya.
Adapun fokus penelitian ini adalah Bagaimana Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penabung Terhadap Tabungan Mudharabah Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Jenggawah.?
Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penabung Terhadap Tabungan Mudharabah Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Jenggawah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field risearch dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan purposive sampling serta untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi minat penabung terhadap tabungan mudharabah di Kantor Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Jenggawah yaitu terbagi menjadi tiga. Faktor lokasi dari hasil penelitian bahwa sangatlah strategis dikarenakan lokasi ini berdekatan dengan alun-alun jenggawah dimana banyak pedagang kaki lima, toko sembako maupun pasar daerah. Faktor fasilitas pelayanan dari hasil penelitian bahwa fasilitas sangatlah penting dikarenakan faktor fasilitas sangat berpengaruh bagi penabung karena mayoritas orang yang menabung di Koperasi Simpan Pembiayaan Syariah Baitulmal Wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Jenggawah. Faktor promosi dari hasil penelitian bahwa sikap penabung dalam mencerna dan menanggapi yang disampaikan oleh karyawan tentang produk tabungan mudharabah (tabah) itu tergantung bagaimana para karyawan dalam mensosialisasikan produknya, dan itu juga disesuaikan dengan tingkat pengetahuan SDM nya karna setiap orang cara pandangannya berbeda.

Kata Kunci: Faktor, Pengaruh, Tabungan Mudharabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Miss Wardatut Toyyibah
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:18
Last Modified: 12 Jul 2023 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26446

Actions (login required)

View Item View Item