Konsep Mendidik Anak Perspektif Ustadz Adi Hidayat (Analisis Ceramah-Ceramahnya di Youtube @AmmarTV)

Ridho'i, Muhammad Farid (2023) Konsep Mendidik Anak Perspektif Ustadz Adi Hidayat (Analisis Ceramah-Ceramahnya di Youtube @AmmarTV). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Farid Ridho'i_T20191508.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mendidik anak menjadi perhatian penting bagi orang tua, dimana orang tua memiliki tanggung jawab mendidik dan membimbingnya baik itu dari tingkah laku maupun perbuatan. Seorang anak pasti akan meniru segala sesuatu yang dilihatnya. Oleh karena itu, pendidikan dan pembinaan anak sangat penting untuk diterapkan. Dalam mendidik dan membinak seorang anak merupakan tanggung jawab utama bagi orang tua yang harus dimulai sejak usia dini agar dapat membentuk dasar karakter dan nilai-nilai positif yang baik. Salah satu ulama yang membahas hal tersebut yaitu ustadz Adi Hidayat. Menurut ustadz Adi Hidayat dalam ceramah-ceramahnya di youtube menjelaskan bahwa pendidikan dimulai dari anak berada dalam kandungan sampai pada masa kelahirannya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana konsep mendidik anak dalam Al-Qur’an perspektif Ustadz Adi Hidayat pada ceramahnya di Youtube ?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan konsep mendidik anak dalam Al-Qur’an perspektif Ustadz Adi Hidayat pada ceramahnya di Youtube.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan video-video ceramah Ustadz Adi Hidayat dari channel youtube AmmarTv. Kemudian, teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa terdapat dua fase, yang pertama yaitu fase prenatal. Dalam fase itu, ada tiga ikhtiar yang dilakukan oleh orang tua, berdo’a, mencari rezeki yang halal dan baik, serta meningkatkan amal soleh. Kedua fase postnatal dilakukan selama persalinan. Seorang ibu diharapkan untuk tetap tenang dan bersabar, serta terus berdoa kepada Allah SWT untuk membantunya melewati masa sulit ini. Setelah bayi lahir, Islam menekankan pentingnya memberikan perawatan yang baik dan penuh kasih sayang kepada bayi, seperti memberikan ASI, membesarkan anak dengan baik, dan merawatnya dengan penuh cinta.
Kata Kunci: Analisis, Ceramah, Konsep Mendidik Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Konsep Men Muhammad Farid Ridho'i
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:26
Last Modified: 12 Jul 2023 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26447

Actions (login required)

View Item View Item