PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI RAMBIPUJI JEMBER

Zilza Nur Rizkiah, Alfina (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ALFINA ZILZA T20191392-WM.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Alfina Zilza Nur Rizkiah: 2023: “Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rambipuji Jember”.
Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan metode mind mapping yang dilakukan siswa, yang mana dari penerapan metode mind mappig ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Fokus dari penelitian ini yakni: 1) Bagaimana Perencanaan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Negeri Rambipuji Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Negeri Rambipuji Jember? 3) Bagaimana evaluasi metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Negeri Rambipuji Jember?
Tujuan dari penelitian ini yakni : 1) Mendeskripsikan perencanaan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Rambipuji Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Rambipuji Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini : 1) Tahap perancanaan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Rambipuji Jember meliputi diantaranya, guru menyiapkan modul ajar, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran yang akan digunakan. 2) Tahap pelaksanaan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Rambipuji Jember dilakukan dengan tiga tahap yaitu: kegiatan pendahuluan yang meliputi, mengkondisikan siswa, salam, berdo’a, presensi, apersepsi. Kegiatan inti meliputi, siswa membentuk kelompok, Siswa memperhatikan petunjuk pembuatan mind mapping yang diberi guru, Guru membagikan selembar kertas kosong pada tiap kelompok, Siswa merancang pembuatan mind mapping, Perwakilan kelompok mengumpulkan hasil mind mapping di meja guru, Perwakilan tiap kelompok ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil mind mapping di depan kelas. Menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya, memberikan motivasi kepada siswa, dan melakukan do’a bersama-sama, kemudian di akhiri dengan mengucap salam. 3) Tahap evaluasi pembelajaran menggunakan metode mind mapping dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun teknik penilaian yang digunakan yaitu dengan melihat ketiga aspek yaitu: aspek kognitif, berbentuk tes tertulis. Aspek afektif , melalui pengamatan secara langsung terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Aspek psikomotorik, melalui hasil karya yang dibuat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms Alfina Zilza Nur Rizkiah
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:26
Last Modified: 12 Jul 2023 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26467

Actions (login required)

View Item View Item