Analisis Implementasi Manajemen Risiko Pada Produk Pembiayaan Murabahah Di BMT UGT Sidogiri Jenggawah Jember

Dewi, Diana Citra (2023) Analisis Implementasi Manajemen Risiko Pada Produk Pembiayaan Murabahah Di BMT UGT Sidogiri Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diana Citra Dewi _E20191119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diana Citra Dewi, Dr. Retna Anggitaningsih. S.E, M.M. 2023 : Analisis Implementasi Manajemen Risiko Pada Produk Pembiayaan Murabahah Di BMT UGT Sidogiri Jenggawah Jember.

Kata Kunci: Manajemen risiko, pembiayaan murabahah, BMT UGT Sidogiri

BMT (baitul al-mal wa al-tamwil) bergerak dalam bidang penggalangan dana masyarakat dalam bentuk simpanan serta menyalurkannya dalam bentuk pinjaman yang bersifat komersial untuk penyangga operasional BMT. BMT juga penghimpunan dana dari masyarakat melalui simpanan dalam bentuk giro, tabungan, dan deposito yang menggunakan prinsip titipan, dan investasi bagi hasil. Kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat umum dalam berbagai bentuk skim, seperti skim jual beli (murabahah, salam, dan istishna), sewa (jarah), dan bagi hasil (musyarakah dan mudarabah), serta produk pelengkap, yakni fee based service, seperti hiwalah (alih utang piutang), rahn (gadai), qard (utang piutang), wakalah (perwakilan, agency), kafalah (garansi bank). Pemberian pembiayaan/kredit tersebut yang secara otomatis akan menyusung risiko pembiayaan bermasalah atau kemungkinan tidak terbayarnya kewajiban-kewajiban oleh debitur.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi manajemen Risiko pada produk pembiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Jenggawah Jember.? 2) Bagaimana upaya penanganan pada produk pembiayaan murabahah bermasalah di BMT UGT Sidogiri Jenggawah Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi manajemen Risiko pada produk pembiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Jenggawah Jember. 2) Untuk mengetahui upaya penanganan pada produk pembiayaan murabahah bermasalah di BMT UGT Sidogiri Jenggawah Jember.
Maka dari itu, untuk menjawab permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan studi kasus. Analisis data yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Verifikasi (penarikan kesimpulan). Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) proses manajemen risiko dapat dilakukan melaui tahapan-tahan sebagai berikut di antaranya: ldentifikasi risiko, Evaluasi dan pengukuran risiko, dan Pengelolaan risiko. 2) Upaya penanganan pembiayaan murabahah bermasalah di BMT UGT Sidogiri Jenggawah ini sudah sesuai dengan teori tersebut dan juga sudah sesuai dengan tahapan-tahapannya yaitu seperti Melakukan pendekatan kepada nasabah, Melakukan penarikan secara terus menerus, memberikan teguran berupa surat peringatan, Penjadwalan ulang, Persyaratan kembali, Tambahan modal untuk membantu agar usahanya lebih baik lagi bagus dan lebih maju lagi usahanya. Penjualan aset yang dijadikan jaminan, dan Menempuh jalur hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Miss Diana Citra Dewi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:16
Last Modified: 12 Jul 2023 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26468

Actions (login required)

View Item View Item