Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa melalui Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif 42 Hidayatud Diniyah Jember

Risky Dwi, Adriyanti (2023) Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa melalui Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif 42 Hidayatud Diniyah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKY DWI ADRIYANTI_T20184116.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Keterampilan menulis, Aksara Jawa, Kartu Huruf
Keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IV MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Jember masih rendah, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dengan menggunakan media kartu huruf di kelas IV MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Jember.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Jember yang berjumlah 16 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi, serta teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan datanya berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa di kelas IV MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Jember. Peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis aksara Jawa siswa pada setiap siklus yaitu; pada pra siklus nilai rata-rata keterampilan menulis aksara Jawa siswa 63,68 dimana siswa mencapai nilai KKM hanya 7 siswa dengan presentase 43,75%, pada pra siklus ke siklus I nilai keterampilan menulis aksara Jawa siswa meningkat sebesar 18,75% dengan nilai rata-rata 72,5 dimana siswa mencapai nilai KKM menjadi 10 siswa dengan presentase 62,5%, dan siklus I ke siklus II nilai keterampilan menulis aksara Jawa siswa meningkat kembali sebesar 25% dengan nilai rata-rata 85 dan 14 siswa mecapai nilai KKM dengan presentase 87,5%.
Disimpulkan Bahwasannya penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulsi aksara Jawa pada siswa kelas IV MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Risky Dwi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:29
Last Modified: 12 Jul 2023 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26469

Actions (login required)

View Item View Item