ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE TERHADAP TIKTOK HUSAIN BASYAIBAN

Alvioniza, Viona (2023) ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE TERHADAP TIKTOK HUSAIN BASYAIBAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Viona Alvioniza_D20161029.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Viona Alvioniza, Siti Raudhatul Jannah, 2023: Analisi Semiotika Ferdinand De Saussure Terhadap Konten TikTok Husain Basyaiaban.
Untuk mengetahui pesan dakwah yang tersembunyi dibalik ide kreatif konten creator dibutuhkan kajian khusus seperti kajian semiotika. Konten TikTok Husain Basyaiban memiliki banyak tanda dan symbol yang dapat dianalisis dengan kajian analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Fokus yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Apa Tanda pada konten TikTok Husain Basyaiban? 2. Bagaimana penanda dan petanda beroperasi konten Husain Basyaiban? 3. Apa tafsir kode pesan yang ada dalam konten Husain Basyaiban?.
Tujuan penelitian ini untuk memahami tanda yang ada pada video Husain Basyaiban. Kemudia memahami petanda dan penanda beroperasi dalam pesan dakwah konten TikTok Husain Basyaiban. Selain itu untuk mengetahui tafsir dari kode pesan dalam konten video Husain Basyaiban. Untuk mengetahui hal tersebut digunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis semiotika model Ferdinand De Saussure untuk mengidentifikasi makna dibalik konten Tiktok Husain Basyaiban.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam konten kreatif yang dibuat Husain Basyaiban ada pesan dakwah yang ingin disampaikan oleh Husain. Konten kreatif bagi Husain bukan hanya harus meghibur tapi juga bisa memberikan manfaat dan pesan moral yang baik. Dengan adanya konten kreatif yang mengandung unsur dakwah ini diharapkan dapat membantu anak muda untuk belajar ilmu agama dengan mudah. kesimpulan dari penelitian ini adalah konten video yang dibuat oleh Husein Basyaiban mengandung banyak pesan dakwah yang mewakili aspek ke-tauhid-an, syariah, aqidah, akhlak dan makna toleransi. Seluruh ajakan tersebut dikemas dengan apik dan kreatif dalam bentuk video kreatif, sehingga dapat menarik para audience atau followers.

Kata kunci ; Semiotika, Ferdinand De Saussure, TikTok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Viona Alvioniza
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:38
Last Modified: 17 Jul 2023 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26470

Actions (login required)

View Item View Item