Sofiyah, Aniatus (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Pernikahan Dalam Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI ANIATUS SOFIYAH T20191045.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Fikih, Metode Pembelajaran Simulasi, Pernikahan dalam Islam
Fikih sebagai salah satu mata pelajaran dalam pendidikan Islam memuat segala hal yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam mulai dari ibadah sampai muamalah, dimana pada beberapa materi menuntut pelaksanaan praktek sebagai kompetensi dasarnya. Salah satunya kompetensi dasar 4.5 yang ada pada bab pernikahan dalam Islam, dimana metode pembelajaran yang dipakai guru fikih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember adalah metode pembelajaran simulasi.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan pembelajaran dalam penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember.
Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian digunakan triangulasi teknik dan sumber, serta member check sebagai teknik keabsahan data.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran dalam penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam meliputi membuat urutan (sequencing) dengan menyiapkan perangkat pembelajaran dan membuat sistesis (synthesizing) dengan dengan cara menjelaskan materi fakta, konsep, dan prosedur yang ada di LKS melalui ceramah. 2) Strategi penyampaian pembelajaran yang dilakukan dalam penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam meliputi media pembelajaran yang digunakan yaitu buku LKS dan video referensi terkait simulasi pernikahan. Kedua, media tersebut digunakan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Ketiga, bentuk belajar mengajar yang digunakan adalah kelompok besar. Yang mana dalam penerapannya meliputi tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutup. 3) Strategi pengelolaan pembelajaran yang dilakukan dalam penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam meliputi, penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan materi. Kedua, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa dilakukan dengan mengambil nilai keterampilan dari pelaksanaan simulasi dan nilai pengetahuan dari ulangan harian. Ketiga, pengelolaan motivasional dilakukan dengan cara memberikan saran untuk mencari referensi terkait simulasi pernikahan. Keempat, guru melakukan kontrol belajar dengan cara memberi kebebasan siswa dalam melakukan simulasi serta mendampingi selama pelaksanaan simulasi pernikahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aniatus Sofiyah UIN KHAS |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:17 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26473 |
Actions (login required)
View Item |