Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Fikih Materi ‎Pernikahan Dalam Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember‎

Sofiyah, Aniatus (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Fikih Materi ‎Pernikahan Dalam Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember‎. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANIATUS SOFIYAH T20191045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Fikih, Metode Pembelajaran Simulasi, Pernikahan dalam Islam

Fikih sebagai salah satu mata pelajaran dalam pendidikan Islam memuat ‎segala hal yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam mulai dari ibadah sampai ‎muamalah, dimana pada beberapa materi menuntut pelaksanaan praktek sebagai ‎kompetensi dasarnya. Salah satunya kompetensi dasar 4.5 yang ada pada bab ‎pernikahan dalam Islam, dimana metode pembelajaran yang dipakai guru fikih di ‎Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember adalah metode pembelajaran simulasi.‎
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi ‎pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan pembelajaran dalam penerapan ‎metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam ‎Islam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember.‎
Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan ‎penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik ‎pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dan dokumentasi. ‎Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan ‎Saldana yang meliputi empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, ‎penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian digunakan triangulasi teknik ‎dan sumber, serta member check sebagai teknik keabsahan data.‎
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran dalam ‎penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fikih materi ‎pernikahan dalam Islam meliputi membuat urutan (sequencing) dengan ‎menyiapkan perangkat pembelajaran dan membuat sistesis (synthesizing) dengan ‎dengan cara menjelaskan materi fakta, konsep, dan prosedur yang ada di LKS ‎melalui ceramah. 2) Strategi penyampaian pembelajaran yang dilakukan dalam ‎penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fikih materi ‎pernikahan dalam Islam meliputi media pembelajaran yang digunakan yaitu buku ‎LKS dan video referensi terkait simulasi pernikahan. Kedua, media tersebut ‎digunakan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Ketiga, bentuk ‎belajar mengajar yang digunakan adalah kelompok besar. Yang mana dalam ‎penerapannya meliputi tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutup. 3) ‎Strategi pengelolaan pembelajaran yang dilakukan dalam penerapan metode ‎pembelajaran simulasi pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam ‎meliputi, penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan ‎materi. Kedua, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa dilakukan dengan ‎mengambil nilai keterampilan dari pelaksanaan simulasi dan nilai pengetahuan dari ‎ulangan harian. Ketiga, pengelolaan motivasional dilakukan dengan cara ‎memberikan saran untuk mencari referensi terkait simulasi pernikahan. Keempat, ‎guru melakukan kontrol belajar dengan cara memberi kebebasan siswa dalam ‎melakukan simulasi serta mendampingi selama pelaksanaan simulasi pernikahan.‎

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aniatus Sofiyah UIN KHAS
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:17
Last Modified: 12 Jul 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26473

Actions (login required)

View Item View Item