IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMAN 1 PRAJEKAN BONDOWOSO

ISMIL, HAYRIYA (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMAN 1 PRAJEKAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAYRIYA ISMIL_T20188097.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci : Program Adwiyata dan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan.
Zaman era globalisasi sekarang kesadaran dalam menjaga lingkungan
semakin menurun. Hal tersebut disebabkan sikap manusia yang kurang bijak
memanfaatkan lingkungan sekitarnya. Untuk menjaga lingkungan melalui jalur
pendidikan, ditanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan yang dikemas
melalui program adiwiyata dengan pelaksanaannya melalui beberapa pendekatan
yakni berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, serta berbasis kemasyarakatan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana implementasi
pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program sekolah adiwiyata di
SMAN 1 Prajekan Bondowoso?, (2) Apa saja faktor pendukung dalam
implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program sekolah
adiwiyata di SMAN 1 Prajekan Bondowoso?, (3) Apa saja kendala yang di hadapi
dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program
sekolah adiwiyata di SMAN 1 Prajekan Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan implementasi pendidikan
karakter peduli lingkungan melalui program sekolah adiwiyata di SMAN 1
Prajekan Bondowoso, (2) Mendiskripsikan faktor pendukung dalam implementasi
pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program sekolah adiwiyata di
SMAN 1 Prajekan Bondowoso, (3) Mendiskripsikan kendala yang di hadapi
dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program
sekolah adiwiyata di SMAN 1 Prajekan Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa.
Tekhnik penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Tekhnik
pengumpulan data yang digunakan adalah tekhnik wawancara, observasi, angket
dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data peneliti mengacu
pada triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Sedangkan tekhnik analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang di dapatkan bahwa di SMAN 1 Prajekan Bondowoso
dalam mengimplementasikan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui dua
pendekatan yakni pertama, pendekatan ektrakulikuler (diluar kelas) dengan
mengadakan kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, kegiatan
peringatan hari besar lingkungan dan kegiatan pemanfaatan barang bekas, kedua,
melalui pendekatan kurikuler (di dalam kelas) dengan mengenalkan nilai-nilai
karakter peduli lingkungan yang di integrasikan pada semua mata pembelajaran
sebagai bekal utama untuk menambah pengetahuan mengenai lingkungan. Faktor
yang menjadi pendukung dalam menanamkan nilai-nilai karakter peduli
lingkungan yakni tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Kendala yang
di dapati adalah memotivasi siswa untuk menjaga lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060502 Infectious Agents
10 TECHNOLOGY > 1003 Industrial Biotechnology > 100302 Bioprocessing, Bioproduction and Bioproducts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Hayriya Ismil
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:13
Last Modified: 12 Jul 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26479

Actions (login required)

View Item View Item