Penanaman nilai akhlak santri melalui kitab Akhlaqul Banat di Pondok Pesantren Putri Habibullah Giri Banyuwangi tahun 2022/2023

Aini, Nisha' Huril (2023) Penanaman nilai akhlak santri melalui kitab Akhlaqul Banat di Pondok Pesantren Putri Habibullah Giri Banyuwangi tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nisha' Huril Aini_T20191182.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: penanaman nilai akhlak; Kitab Akhlaqul Banat; Pondok Pesantren Putri Habibullah Giri Banyuwangi

Penanamkan nilai akhlak dalam kitab akhlaqul banat sangantlah penting karena penanaman akhlak menjadi program utama dalam sistem pondok pesantren, umumnya di sekolah-sekolah. Adapun karakteristik penanaman nilai akhlak terdapat beberapa macam. Pertama, akhlak kepada Allah. Kedua, akhlak sesama manusia. Ketiga, akhlak kepada lingkungan. Dalam islam, akhlak kepada Allah menjadi hal yang pertama dan utama sebelum akhlak yang lainnya, walaupun akhlak yang lain tidak kalah pentingnya dari akhlak kepada Allah SWT. Karena islam senantiasa mengajarkan pengikutnya untuk menjaga dua hubungan, yaitu hubungan kepada Allah dalam bentuk beribadah kepadanya, dan juga berhubungan baik dengan makhluk Allah yang diwujudkan dalam bentuk akhlak yang terpuji.
Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana penanaman nilai akhlak santri kepada Allah SWT melalui kitab akhlaqul banat di Ponpes Putri Habibullah Giri Banyuwangi. 2) Bagaimana penanaman nilai akhlak santri kepada sesama manusia melalui kitab akhlaqul banat di Ponpes Putri Habibullah Giri Banyuwangi. 3) Bagaimana penanaman nilai akhlak santri kepada lingkungan melalui kitab akhlaqul banat di Popes Putri Habibullah Giri Banyuwangi.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian di analisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sementara itu, untuk verifikasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Penanaman nilai akhlak kepada Allah SWT melalui Kitab Akhlaqul Banat adalah akhlak yang bernilai untuk meningkatkan ibadah agar semakin baik akhlak kehidupan sehari-hari dan juga semakin baik akhlak kepada Allah dengan sholat dhuha berjamaah, melakukan kegiatan rutin di Pondok Pesantren, sabar dalam melakukan suatu kegiatan. 2) Penanaman nilai akhlak kepada sesama manusia melalui Kitab Akhlaqul Banat yaitu dengan jujur, sabar dalam mencari ilmu, menghormati orang yang lebih tua dan muda, diajarkan untuk tidak memilih teman selama itu tidak mengarah kepada kejelekan,. 3) Penanaman nilai akhlak santri kepada lingkungan melalui Kitab Akhlaqul Banat yaitu dengan memanfaatkan sumber daya alam dan peduli terhadap lingkungan melalui lingkungan Pondok Pesantren atau disebut dengan roan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nisha' Huril Aini
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:33
Last Modified: 12 Jul 2023 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26484

Actions (login required)

View Item View Item