Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan intensif sholat Dhuha di MA Nurul Ulum Pungging Kabupaten Mojokerto

Fransiska, Amelia (2023) Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan intensif sholat Dhuha di MA Nurul Ulum Pungging Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMELIA FRANSISKA_T20181164 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: implementasi; pendidikan karakter; sholat Dhuha

Konteks penelitian dilatar belakangi oleh pendidikan karakter siswa di zaman modern saat ini yang masih kurang. Oleh karena itu pembentukan karakter sangat perlu diterapkan. Hal ini juga yang diterapkan oleh MA Nurul Ulum Tunggalpager Pungging Kabupaten Mojokerto dalam membentuk karakter siswa salah satunya dengan kegiatan pembiasaan intensif sholat Dhuha.

Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam tentang: (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan intensif sholat Dhuha di MA Nurul Ulum Tunggalpager Pungging Kabupaten Mojokerto? dan (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin melalui pembiasaan intensif sholat Dhuha di MA Nurul Ulum Tunggalpager Pungging Kabupaten Mojokerto?. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) Menerangkan implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan intensif sholat Dhuha di MA Nurul Ulum Tunggalpager Pungging Kabupaten Mojokerto dan (2) Menerangkan implementasi pendidikan karakter disiplin melalui pembiasaan intensif sholat Dhuha di MA Nurul Ulum Tunggalpager Pungging Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. untuk menganalisis data menggunakan teori Miles dan Huberman. Uji kebsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Karakter religius melalui pembiasaan intensif sholat Dhuha di MA Nurul Ulum Tunggalpager Pungging Kabupaten Mojokerto memuat tentang: tabligh dimana siswa jujur dalam mengisis presensi sholat Dhuha, amanah dimana siswa dapat dipercaya menjadi imam sholat Dhuha, tabligh dimana siswa dapat komunikatif dengan orang sekitarnya dan fathonah dimana siswa cerdas mencari materi dan faedah sholat Dhuha dan (2) Karakter disiplin melalui pembiasaan intensif sholat Dhuha di MA Nurul Ulum Tunggalpager Pungging Kabupaten Mojokerto dapat terbangun dengan dukungan adanya monitoring buku presensi siswa dan jadwal guru pendamping pembiasaan intensif sholat Dhuha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Amelia Fransiska
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:55
Last Modified: 12 Jul 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26486

Actions (login required)

View Item View Item