Penerapan Pegadaian Digital Service Dalam Mempermudah Nasabah Bertransaksi Di PT Pegadaian ( Persero)

Helmi, Muzeiyin (2023) Penerapan Pegadaian Digital Service Dalam Mempermudah Nasabah Bertransaksi Di PT Pegadaian ( Persero). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad.

[img] Text
Bismillah Helmi Muzeiyin fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang menawarkan produk andalannya yakni rahn, yang dimana rahn ini merupakan produk utama yang sangat diunggulkan oleh nasabah yang sedang membutuhkan dana dengan cepat, dengan cara nasabah tersebut menyerahkan perhiasan emasnya untuk kemudian memperoleh dana tambahan sesuai dengan taksiran yang diperoleh.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan pegadaian digital service dalam mempermudah nasabah bertransaksi di PT Pegadaian ( persero ) Cabang Jember? 2. Bagaimana dampak pegadaian digital service terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi di PT Pegadaian ( persero ) Cabang Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui penerapan pegadaian digital service dalam mempermudah nasabah bertransaksi di PT Pegadaian ( persero ) Cabang Jember. 2. Untuk mengetahui dampak pegadaian digital service terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi di PT Pegadaian ( persero ) Cabang Jember.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggambarkan semua data atau keadaan subjek atau objek penelitian, kemudian menganalisis data bersifat induktif dan menginterpretasikannya dengan menggambarkan dan mendeskripsikan langsung tentang Penerapan Pegadaian Digital Service Dalam Mempermudah Nasabah Bertransaksi di PT Pegadaian ( Persero ) Cabang Jember. Jenis penelitiannya menggunakan field Research.
Hasil Penelitian ini menyatakan 1) Penerapan pegadaian digital service dalam memperrmudah nasabah bertransaksi yaitu dengan mengajari nasabah untuk bertransaksi dan registrasi di aplikasi pegadaian digital service dan juga mengsosialisasikan langsung kepada nasabah baik secara online maupun tatap muka langsung kepada nasabah yang datang ke Pegadaian Cabang Jember, karena dengan sosialisasi seperti itu menurut perusahaan PT Pegadaian lebih relevan untuk bisa menarik minat nasabah untuk bertransaksi menggunakan aplikasi pegadaian digital service tersebut. 2) Dampak pegadaian digital service terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi yaitu menunjukkan bahwasannya bisa di nilai bagus, dikatakan bagus karena melalui pertimbangan antara sebelum adanya aplikasi dan setelah adanya aplikasi pegadaian digital service untuk bertransaksi maupun memproses peminjaman, proses transaksi dan peminjamannya lebih cepat dan nasabah tidak perlu antre di outlet Pegadaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pegadaian digital service, Nasabah, Transaksi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Helmi Muzeiyin
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:59
Last Modified: 12 Jul 2023 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26487

Actions (login required)

View Item View Item