Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Hildawati Ilham, Siti Nur (2023) Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI HILDA-WM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terjadinya pembelajaran merupakan proses dimana pendidik akan menerapkan suatu pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang dilakukan disekolah pada dasarnya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Hal ini sangat berkaitan dengan proses interaksi antara seorang pendidik dan peserta didik. Pada saat proses pembelajaran di sekolah, seorang guru harus mempunyai keterampilan dalam menerapkan suatu pembelajaran. Keterampilan mengajar sangat dibutuhkan seorang guru untuk memberikan informasi pembelajaran yang ingin disampaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Gaya Belajar Visual yang dimiliki siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember, (2) Gaya belajar audiotori yang dimiliki siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember, (3) Gaya belajar kinestetik yang dimiliki siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rambipuji.
Penggunaan metode penelitian dilihat dari jenis penelitiannya yakni menggunakan penelitian kualitatif, dalam proses mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendapatkan data-data yang tertulis maupun yang lisan dari objek-objek yang diamati sehingga penelitian yang dijalankan bersifat natural atau tanpa rekayasa karena menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Rambipuji menunjukkan bahwa: (1) Siswa memiliki gaya belajar visual dalam pelaksaan belajarnya peserta didik: lebih senang dengan kegiatan membaca dari pada menulis pelajaran, membaca dengan lancar, dalam hal membaca lebih suka mmbaca sendiri dari pada dibacakan orang lain, ketika guru menjelaskan siswa membuat coretan-coretan dikertas, membaca dengan suara keras dan lantang, peserta didik lebih senang mendengarkan penjelasan guru ataupun teman, suka dengan menulis, suka bercerita akan tetapi tidak suka mendengarkan cerita orang lain, dan peserta didik sering menyimpan kalimat yang tidak tersampaikan kepda teman karena tidak tahu kalimat apa yang akan diutarakan, kalau ditanya menjawab dengan kalimat yang singkat. (2) Siswa yang gaya belajar audiotori dalam pelaksanaan belajarnya peserta didik: ketika dalam belajar mau terkadang bersenandungbersenandung kecil, memiliki suara yang kuat dan jelas dalam membaca, tidak menyukai keributan, kalau berpikir bola mata kearah samping dan sejajar dengan telinga, senang membaca secara kuat-kuat sehingga menimbulkan gerakan bibir ketika membaca, suka berdiskusi dengan teman, ketika guru menjelaskan pelajaran suka menulis catatan-catatan yang dianggap penting, suka menghafal dengan suara keras dan menyendiri.(3) Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik pelaksanaan belajarnya siswa: lebih senang kegiatan permainan dari pada disuruh membaca atau menulis, kalau berpikir bola mata kearah depan, kemudian ketika disuruh mengerjakan soal siswa tersebut tidak langsung mengerjakan akan tetapi siswa bergerak-gerk atau berjalan-jalan dulu menemui teman atau yang lainnya baru mengerjakan, tulisannya jelek kemudian dalam berpakaian tidak rapi, ketika berbicara dengan orang lain berdiri lebih dekat ke lawan bicara, memiliki suara yang berat, tidak suka duduk diam dalam waktu lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Analisis Siti Nur Hildawati Ilham
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:46
Last Modified: 12 Jul 2023 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26489

Actions (login required)

View Item View Item