Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Yayasan Rumah Qur'an As-salam Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/20233

Bakhtiar, Dani (2023) Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Yayasan Rumah Qur'an As-salam Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/20233. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DANI FIXS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah wahyu allah yang diturunkan kepada nabi muhammad SAW untuk menjadi pedoman hidup manusia oleh karena itu sudah seharusnya umat muslim mengawali pembelajaran keagamaannya melalui Al-Quran yang dimana nanti dijadikan sebagai landasan utama dan referensi dalam segala urusan. Pendidikan Al-Qur‟an sudah seharusnya diberikan sejak sedini mungkin pada setiap umat islam. Pendidikan Al-Qur‟an bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca, menulis memahami dan mengamalkan kandungan Al-Qur‟an. Akan tetapi tidak semua orang tua mampu mengajarkan kepada anak-anaknya, dengan berbagai keterbatasan tersebut orang tua membutuhkan bantuan pihak luar dalam pendidikan anaknya seperti lembaga pendidikan Qur‟an (LPQ) maupun pondok pesantren. Maka dari itu LPQ sebagai salah satu lembaga yang mengajarkan pendidikan Qur‟an pasti memiliki strategi khusus yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur‟an, dengan begitu diharapkan dapat menghasilkan generasi penerus yang baik, berilmu dan berahlaqul karimah.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah: (1) bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Rumah Qur’an As-salam Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/2023? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Rumah Qur’an As-Salam Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/2023? (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Rumah Qur’an As-Salam Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Rumah Qur’an As-salam Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/2023? (2) Menjelaskan Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Rumah Qur’an As-Salam Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/2023? (3) Menjelaskan Evaluasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Rumah Qur’an As-Salam Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/2023.
Pendekatan penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: (1) perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di yayasan Rumah Qur’an As-salam meliputi menetukan dasar dan tujuan pembelajaran, menentukan materi dan target hafalan, penentuan alokasi waktu pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. (2) pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dilakukan mulai dari jam 14.00 – 17.00 dengan 3 langkah kegiatan pendahuluan: salam, mengirimkan Al-fatihah kepada para pengajar Al-Qur’an dan do’a. kegiatan Inti: diniyah, shalat ashar berjama’ah dilanjutkan dengan muraja’ah bersama, penyampaian materi tahsin, setoran hafalan Al-Qur’an dan setoran jilid. Kegiatan penutup: qosidah dan membaca do’a kafaratul majelis. (3) evaluasi pembelajaran tahfidz meliputi evaluasi harian, bulanan dan tahunan dengan sistem setoran hafalan, tasmi’, tes lanjut ayat, dan pematangan mata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dani Bakhtiar
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:58
Last Modified: 14 Jul 2023 05:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26493

Actions (login required)

View Item View Item