Peran Petugas Dalam Menjaga Kestabilan Emosi Klien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Di Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) Kabupaten Jember

Sari, Fataty Nabilah (2023) Peran Petugas Dalam Menjaga Kestabilan Emosi Klien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Di Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FILE SKRIPSI EDIT SETELAH SIDANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran Petugas, Emosi, ODGJ.
Pekerja Sosial ialah petugas yang ditugaskan dalam melakukan pekerjaan yang dalam hal ini dilaksanakan di lembaga milik pemerintah dan juga swasta. Para petugas juga memiliki potensi dan profesi pekerjaan serta kepedulian sosial mereka juga diperoleh dari berbagai latar belakang seperti pendidikan, pelatihan, dan juga pengalaman praktek pekerja sosial guna menunjang tugas-tugas pelayanan serta penanggulangan masalah sosial.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini yaitu 1. Bagaimana peran petugas dalam menjaga kestabilan emosi klien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat petugas dalam menjaga kestabilan emosi klien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)?.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana peran petugas dalam menjaga kestabilan emosi klien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat petugas dalam menjaga kestabilan emosi klien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kemudian sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan skunder.
Penelitian ini memperoleh hasil yakni, : 1. Petugas berperan sebagai broker (perantara), fasilitator (pendamping dalam berbagai kegiatan), mediator (penengah saat menangani klien), pembela (pemberdayaan sesuai hak-hak), pelindung (prioritas klien yang butuh perlindungan), 2. Faktor pendukung petugas dalam menjaga kestabilan emosi klien ODGJ yakni rehabilitasi serta kerjasama tim dan respon cepat dari petugas, 3. Faktor penghambat petugas dalam menjaga kestabilan emosi klien ODGJ yaitu terbatasnya sarana prasarana dan juga kondisi emosi klien ODGJ. 3. Kestabilan emosi dapat dilihat dari kondisi klien yang mampu mengendalikan amarah, mengungkapkan perasaan, mengendalikan perilaku, mampu menghadapi stress, dan menanggulangi rasa cemas, 4. Upaya pennganan gangguan kejiwaan menggunakan 2 upaya yakni Promotif (promosi mengenai kesehatan) dan Preventif(upaya penanggulangan masalah kejiwaan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Miss Fataty Nabilah Sari
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:18
Last Modified: 12 Jul 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26494

Actions (login required)

View Item View Item