Supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember

Agustina, Lisa Dwi (2023) Supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LISA DWI AGUSTINA_T20193142.pdf

Download (23MB)

Abstract

Guru merupakan pilar utama dalam menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran, ini nampak pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember dimana madrasah ini merupakan madrasah yang cukup unggul dalam bidang akademik maupun non akademik. Akan tetapi, adanya suatu fenomena dimana masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi atau bidangnya.
Walaupun ini masih dianggap kategori profesional akan tetapi sikap profesionalitas harus terus ditingkatkan secara kontinu melalui kegiatan supervisi oleh kepala madrasah.

Adapun fokus pada penelitian ini yakni 1) Bagaimana model supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru?, 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru?, 3) Apa saja implikasi pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam
meningkatkan profesionalitas guru?

Tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mendeskripsikan model supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru, 3) Untuk mendeskripsikan implikasi pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek pada penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, waka kurikulum dan guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Dalam melakukan uji keabsahan data yakni menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Adapun hasil penelitian ini yakni 1) Model yang digunakan kepala madrasah pada saat melaksanakan kegiatan supervisi ialah model supervisi akademik. 2) Pelaksanaan supervisi dilakukan melalui beberapa tahapan yakni dimulai pada tahap pra-observasi, observasi, dan pertemuan balikan dengan
menggunakan teknik individual, kunjungan kelas. Dalam pelaksanaan kegiatan supervisi kepala madrasah memiliki tim yang terdiri dari kepala madrasah sendiri, waka kurikulum, dan guru senior. 3) Dengan adanya kegiatan supervisi dapat
diketahui kekurangan atau kelemahan yang dimiliki guru pada saat proses pembelajaran, selain itu supervisi juga berimplikasi pada peningkatan kompetensi-kompetensi guru terutama pada kompetensi pedagogik dan profesional, peningkatan terhadap prestasi siswa, dan prestasi guru itu sendiri.

Kata Kunci : Supervisi, Kepala Madrasah, Profesionalitas Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Me Lisa Dwi Agustina
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:44
Last Modified: 12 Jul 2023 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26499

Actions (login required)

View Item View Item