UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI MELALUI PENERAPAN TILAWATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DARUL QUR’AN WALKAROMAH BANYUANYAR PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Imam Hamdani, Maughfuril (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI MELALUI PENERAPAN TILAWATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DARUL QUR’AN WALKAROMAH BANYUANYAR PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IMAM HAMDANI WATERMARK.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hasil belajar adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar menjadi acuan atau tolak ukur apakah pembelajaran yang dilaksanakan sudah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak sesuai. Perlu adanya upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar seperti yang dilakukan guru di Taman Pendidikan Al-Qur’an Darul Qur’an Walkaromah melalui penerapan Tilawati.
Adapun fokus pada peneliitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar santri melalui penerapan Tilawati di TPQ Darul Qur’an Walkaromah Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana hasil belajar santri di TPQ Darul Qur’an Walkaromah Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat di TPQ Darul Qur’an Walkaromah Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023? Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar santri melalui penerapan Tilawati di TPQ Darul Qur’an Walkaromah Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan hasil belajar santri di TPQ Darul Qur’an Walkaromah Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat di TPQ Darul Qur’an Walkaromah Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Obsevasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar melalui penerapan tilawati yaitu: a) mengelompokan guru sesuai syahadah dan latar belakang, b) membagi jadwal pembelajaran dua sesi c) pembiasaan do’a harian dan surah pendek, d) penerapan satu teknik peraga tilawati, e) kolaborasi dua metode tilawati dan qiro’ati, f) kenaikan jilid tidak menggunakan tilawati, g) straregi pembagian kelas tiga jenjang, h) strategi buku kontrol tajwid/ghorib, i) evaluasi sesama guru (2) Hasil belajar santri yaitu: memperoleh predikat penilaian baik. (3) faktor pendukung dan penghambat meliputi: a) pendukung yaitu guru bersyahadah, evaluasi mingguan guru yang diadakan setiap hari sabtu, dan absensi kehadiran guru yang selalu aktif hadir pada setiap pertemuan b) penghambat yaitu, kurangnya kesadaran wali santri untuk memberikan dorongan motivasi kepada santri untuk belajar, santri jarang masuk, kurangnya sarana ruang belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Maughfuril Imam Hamdani
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:44
Last Modified: 12 Jul 2023 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26501

Actions (login required)

View Item View Item