PENDEKATAN KONSELING BERPUSAT PADA KEMANDIRIAN DALAM MENGATASI SISWA KECANDUAN GAME ONLINE SMA ISLAM NURUL HUDA KECAMATAN KRUCIL KABUPATEN PROBOLINGGO

agusdiantoro, ahmad rafi (2023) PENDEKATAN KONSELING BERPUSAT PADA KEMANDIRIAN DALAM MENGATASI SISWA KECANDUAN GAME ONLINE SMA ISLAM NURUL HUDA KECAMATAN KRUCIL KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UINHAS Kiai Haji Achmad Siddig Jember.

[img] Text
Skripsi Rafi Baru.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Rafi Agusdianto, 2023: "Pendekatan Konseling Berpusat pada Kemandirian dalam mengatasi siswa kecanduan game online SMA Islam Nurul Huda Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo"

Game online sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, baik itu anak-anak maupun remaja. Beberapa tahun terakhir ini, banyak yang bermain game online, khususnya kaum anak dan remaja. game online dapat membuat siswa kecanduan game online dan membuat siswa malas belajar, sehingga memerlukan konseling berpusat kemandirian oleh guru BK di SMA Nurul Huda Desa Kalianan Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo.
fokus penelitian ini adalah: 1. bagaimana pendekatan konseling berpusat pada kemandirian dalam mengatasi siswa kecanduan game online SMA Nurul Huda Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo...? 2. Apa mengetahui faktor penghambat dan pendukung pendekatan konseling berpusat kemandirian dalam mengatasi siswa kecanduan game online SMA islam Nurul Huda Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo...?
adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk menjelaskan pendekatan konseling berpusat kemandirian dalam mengatasi siswa kecanduan game online SMA Islam Nurul Huda Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Kedua untuk Mengetahui faktor penghambat dan pendukung pendekatan konseling berpusat kemandirian dalam mengatasi siswa kecanduan game online SMA Islam Nurul Huda Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo.
Pendekatan penelitian ini adaah kualitatif. jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. ini menyangkut metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan miles dan Hubermen meliputi kompresi data, penyajian data, dan inferensi.
Hasil penelitian ini, pertama. Pendekatan model konseling guru BK dalam mengatasi siswa yang kecanduan game online pada siswa SMA Islam Nurul Huda kelas 11 Desa Kalianan Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, yaitu pendekatan model konseling mandiri, tujuan agar mampu membangun kepribadian yang mandiri, lebih dekat dengan siswa dan memberikan ruang agar siswa juga dapat berpikir kritis untuk mengatasi masalah yang sedang dialami. kedua. faktor penghambat pendekatan model konseling berpusat pada kemandirisan siswa guru BK di SMA Islam Nurul Huda yaitu karena kurangnya partisipasi guru untuk mengetahui permasalahan siswa lebih jauh lagi, serta kurangnya dukungan guru yang dialami oleh siswa. Sedangkan faktor pendukung dari pendekatan model konseling berpusat pada guru BK di SMA Islam Nurul Huda yaitu lebih pada siswa itu sendiri, kesadaran siswa, serta niat dari siswa agar tidak kecanduan game online lagi, karena perlahan mereka mulai sadar akan dampak yang mempengaruhi mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ahmad rafi Ahmad Ahmad
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:31
Last Modified: 12 Jul 2023 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26506

Actions (login required)

View Item View Item