Nilai-NIlai Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 9-13 (Studi Analisis Pendekatan Hermeneutika Hans-Georg Gadamer)

Erry, Sandy Hartopo (2023) Nilai-NIlai Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 9-13 (Studi Analisis Pendekatan Hermeneutika Hans-Georg Gadamer). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ERRY SANDY HARTOPO T20181025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Erry Sandy Hartopo, 2023: “Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 9-13 (Studi Analisis Pendekatan Hermeneutika Hans-Georg Gadamer)”
Kata kunci: Nilai-nilai pendidikan multikultural, Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 9-13, Hermeneutika Hans-Georg Gadamer
Pendidikan multikultural telah lama dikenal dan bukan merupakan hal yang asing terdengar di telinga. Pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang berorientasi pada keberagaman dan kemajemukan yang ada di kehidupan sehari-hari. Selain itu, dalam agama Islam pun banyak membahas tentang pendidikan multikultural salah satunya yang terdapat dalam surat Al-Hujurat ayat 9-13. Untuk dapat memahami dan mengetahui makna yang terdapat dalam Al-Qur’an yang dengan menganalisis ayat menggunakan metode penafsiran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis ayat yakni dengan menggunakan pendekatan hermeneutika.
Fokus penelitian pada penelitain ini adalah: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 9-10 melalui hermeneutika Hans-Georg Gadamer? 2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 11-12 melalui hermeneutika Hans-Georg Gadamer? 3) Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 13 melalui hermeneutika Hans-Georg Gadamer?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 9-10 melalui hermeneutika Hans-Georg Gadamer. 2) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 11-12 melalui hermeneutika Hans-Georg Gadamer. 3) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 13 melalui hermeneutika Hans-Georg Gadamer.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang diigunakan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dengan mengumpulkan sumber-sumber literer. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis).
Adapun hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yakni: 1) Nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada surat Al-Hujurat ayat 9-10 melalui pendekatan hermeneutika Hans-Georg Gadamer ditemukan mengandung nilai pendidikan multikultural yakni berupa nilai perdamaian, nilai keadilan, dan nilai persaudaraan. 2) Nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada surat Al-Hujurat ayat 11-12 melalui pendekatan hermeneutika Hans-Georg Gadamer ditemukan mengandung nilai pendidikan multikultural yakni berupa nilai toleransi dan nilai inklusif/keterbukaan. 3) Nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada surat Al-Hujurat ayat 13 melalui pendekatan hermeneutika Hans-Georg Gadamer ditemukan mengandung nilai pendidikan multikultural yakni berupa nilai kesetaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erry Sandy Hartopo
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:58
Last Modified: 13 Jul 2023 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26507

Actions (login required)

View Item View Item