Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Tikrar pada Kitab Ta’lim terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Materi Peluang Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023

Solihin, Moh. Ari (2023) Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Tikrar pada Kitab Ta’lim terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Materi Peluang Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh.Ari Solihin_T20197105.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
MOH. Ari Solihin, 2023 : Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Tikrar pada Kitab Ta’lim terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Materi Peluang Kelas X Tahun 2023.
Kata Kunci : metode tikrar, Hasil belajar, Matematika.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya nilai hasil belajar matematika siswa yang ada di bawah nilai KKM siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah, faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar yaitu ketidak pahaman atau lupanya siswa akan materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi berikutnya. Salah satu alternatif adalah dengan menerapkan metode tikrar yang biasanya digunakan dalam pembelajaran yang membutuhkan hafalan, metode yang dapat memudahkan siswa dalam mengingat dan bahkan membantu siswa hafal tanpa harus menghafal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa sebelum pembelajaran dengan metode tikrar pada kitab ta’lim pada materi peluang kelas X Tahun Ajaran 2022-2023 SMA Unggulan BPPT Darus Sholah? (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa sesudah pembelajaran dengan metode tikrar pada kitab ta’lim pada materi peluang kelas X Tahun Ajaran 2022-2023 SMA Unggulan BPPT Darus Sholah? (3) Bagaimana keefektivan pembelajaran dengan metode tikrar pada kitab ta’lim terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah materi peluang kelas X Tahun Ajaran 2022-2023?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau sampling total yaitu kelas XB yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi modul ajar, lembar tes (pretest dan posttest), dan lembar observasi selama proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan uji hipotesis menggunakan uji wilcowon.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Sebelum perlakuan metode tikrar, hasil belajar matematika siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah menunjukkan bahwa semua nilai pretest berada di bawah KKM, dengan nilai mean pretest sebesar 50,23. 2) Setelah perlakuan metode tikrar, hasil belajar matematika siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah menunjukkan bahwa semua nilai posttest berada di atas KKM, dengan nilai mean pretest sebesar 82,05. 3) Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hipotesis awal (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode tikrar pada kitab ta’lim efektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah materi peluang kelas X Tahun 2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Moh. Ari Solihin
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:20
Last Modified: 12 Jul 2023 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26512

Actions (login required)

View Item View Item