Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun 2023

Fadila, In (2023) Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INFADILA_T20191478.pdf

Download (2MB)

Abstract

Infadila, 2023: “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun 2023”.

Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Implementasi dan Metode Ummi di Pondok Pesantren Nurul Ulum

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pondok pesantren yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana zaman yang mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang hanya sekedar membaca Al-Qur’an saja tanpa memperhatikan hukum tajwid dan fasahah Al-Quran dengan baik dan benar. Pondok Pesantren Nurul Ulum merupakan pesantren yang di pimpin oleh Drs. KH. Junaidi Mu’thi dimana beliau menyarankan kepada Kepala Koordinator Pembelajaran Al-Qur’an untuk mengupayakan metode Al-Qur’an apa yang cocok digunakan kalangan anak-anak dan remaja, sehingga dengan berjalannya waktu Pondok Pesantren Nurul Ulum menggunakan metode Ummi sebagai upaya dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an santri.
Kajian ini akan mengulas apa yang mendasari implementasi metode ummi, Bagaimana pelaksanaan implementasi metode ummi serta Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode ummi dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Ulum kecamatan Tapen kabupaten Bondowoso tahun 2023.
Metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan data.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Ulum kecamatan Tapen kabupaten Bondowoso Tahun 2023, 1) Dasar penggunaannya yakni karena metode Ummi merupakan salah satu metode yang cocok dan berhasil diterpkan dikarena lebih mudah secara materi dan administrtif, 2) Proses pembelajaran metode Ummi dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan yakni diawali dengan menentukan tujuan membaca al-qur’an, yang kedua proses pelaksanaan dengan kegiatan pendahuluan sampai penutup , selanjutnya tahap evaluasi yakni dengan kegiatan penilaian melalui munaqasyah dan uji publik. 3) Faktor pendukung adalah Beberapa santri yang sebelumnya telah belajar Al-Qur’an dengan metode Ummi, guru bersertifikat, monitoring Ummi Foundation, progress report santri, dan sistem berbasis mutu. Faktor penghambat karena kurangnya waktu pembelajaran, dan ketidakhadiran siswa yang acuh untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Infadila Infadila
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:47
Last Modified: 12 Jul 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26516

Actions (login required)

View Item View Item