Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa melalui Kegiatan Muhadhrah Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan Tahun 2022/2023

Halimatus, Sa'diyah (2023) Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa melalui Kegiatan Muhadhrah Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HALIMATUS SA'DIYAH_T20191245.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peran guru sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Lekok Pasuruan yang diperoleh sebagaimana keadaan sekolah ini tidak semua peserta didik mempunyai kepercayaan diri yang tinggi masih banyak dari mereka yang memiliki kepercayaan diri yang rendah seperti halnya sulit menyampaikan pendapat, malu untuk bertanya dan lain sebagainya. Dalam hal ini guru mengadakan kegiatan Muhadharah. Dalam kegiatan ini dilakukan setiap hari dan dilakukan secara bergantian. Kegiatan ini dapat mengasah, meningkatkan kepercayaan diri peserta didik untuk dapat berbicara didepan orang banyak.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peran Guru Sebagai Pendidik Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Lekok Pasuruan Tahun 2022/2023? 2) Bagaimana Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Lekok Pasuruan Tahun 2022/2023? 3) Bagaiman Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Lekok Pasuruan Tahun 2022/2023?
Tujuan pada penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Peran Guru Aqidah Akhlak sebagai Pendidik dalam meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa melalui Kegiatan Muhadharah? 2) Mendeskripsikan Peran Guru Aqidah Akhlak sebagai Pembimbing dalam meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa melalui Kegiatan Muhadharah? 3) Mendeskripsikan Peran Guru Aqidah Akhlak sebagai Motivator dalam meningkatkan kepercayaan Diri Siswa melalui Kegiatan Muhadharah di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Lekok Pasuruan Tahun 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk subjek penelitin ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik guru memberikan tanggung jawab, mengarahkan siswa untuk tidak malu saat maju kedepan, memberikan arahan dengan kata-kata yang positif, memberikan tanggung jawab, bagaimana cara semua siswa dapat kebagian untuk berpidato. 2) Peran guru sebagai pembimbing guru memberikan kata-kata positif dalam bentuk kata itu membawa dia untuk mengatakan bahwa saya bisa, saya pandai. Disaat anak itu maju ada pegangan kata-kata tersebut agar anak tersebut tidak grogi saat maju ke depan. Dan guru memotivasi ketika ada siswa yang drop. 3) Peran guru sebagai motivator guru memberikan reward dalam bentuk acungan jempol, senyuman dan memberi pujian dan setalah itu guru memberikan kata-kata positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:15
Last Modified: 14 Jul 2023 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26517

Actions (login required)

View Item View Item