Habituasi Kegiatan Keagamaan Untuk Membina Karakter Religius Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo

Alfianita, Fifin (2023) Habituasi Kegiatan Keagamaan Untuk Membina Karakter Religius Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Alfi ACC.pdf

Download (15MB)

Abstract

Fifin Alfianita, 2023: Habituasi Kegiatan Keagamaan Untuk Membina Karakter Religius Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 krembung Kabupaten Sidoarjo.
Kata Kunci: Habituasi Kegiatan Keagamaan, Membina Karakter Religius
Habituasi kegiatan keagamaan adalah sebuah kegiatan atau pembelajaran yang berhubungan dengan keagamaan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan membiasakan siswa melakukan sesuatu hal yang positif. Di SMP Negeri 2 Krembung siswa-siswi kurang memaksimalkan dalam memanfaatkan waktu sebelum proses pembelajaran, sehingga tingkat religiusitas yang rendah terlihat dari sikap siswa yang kurang menghormati guru dan kurangnya sopan santun antar siswa dengan gurunya. Maka dari itu, adanya pembinaan karakter religius dalam kegiatan keagamaan ini guna membiasakan siswa melakukan hal-hal yang positif. Membina karakter religius adalah sebuah upaya atau tindakan untuk membentuk moral atau mental yang religius atau beragama yang didasarkan pada ajaran-ajaran agama.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha untuk membina karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan khitobah untuk membina karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo?. 3) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan baca Al-Qur’an untuk membina karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha untuk membina karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan khitobah untuk membina karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan baca Al-Qur’an untuk membina karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis data yang digunakan terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Pembiasaan shalat dhuha dilaksanakan setiap hari pukul 06.30-07.15 secara berjamaah di masjid untuk membina karakter religius siswa agar tepat waktu dalam menunaikan ibadah kepada Allah, menciptakan kebersamaan dan melatih kefokusan siswa agar khusyuk dalam beribadah, 2) Pembiasaan khitobah dilakukan setelah kegiatan shalat dhuha berlangsung tepatnya setiap hari selasa dan kamis untuk membina karakter religius siswa agar bersungguh-sungguh dalam mempelajari ilmu agama dan dapat membentuk karakter siswa agar lebih giat dalam beribadah, 3) Pembiasaan baca Al-Qur’an dilakukan setiap hari rabu dan sabtu setelah shalat dhuha dilakukan, guna membina karakter religius siswa agar memiliki rasa percaya diri dan sungguh-sungguh terhadap apa yang diamanahkan serta lebih teliti dalam membaca Al-Qur’an sehingga mampu membaca dengan lancar dan sesuai dengan kaidah tajwid yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fifin Alfianita
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:42
Last Modified: 13 Jul 2023 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26523

Actions (login required)

View Item View Item