Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Usaha Meningkatakan Volume Penjualan Produk Gadai Emas dan Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali

Nurmalasari, Sukma Lintang (2023) Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Usaha Meningkatakan Volume Penjualan Produk Gadai Emas dan Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sukma Lintang Nurmalasari_E20191110.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sukma Lintang Nurmalasari, Aminatus Zahriyah, S.E., M.Si, 2023: Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Produk Gadai
Emas dan Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali
Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Volume Penjualan, Produk Gadai Emas, Produk Cicil Emas, Bank Syariah Indonesia
Seiring dengan berkembangnya Lembaga keuangan baik itu bank ataupun non bank yang berbasis syariah, produk-produk yang ditawarkan juga ikut berkembang, dimana saat ini perbankan syariah tidak hanya menawarkan produk tabungan dan pembiayaan saja melainkan banyak produk lainnya yang ditawarkan seperti gadai emas dan cicil emas. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan yaitu strategi marketing mix yang meliputi 7 komponen atau sering disebut 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process).
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimanakah strategi marketing mix yang di implementasikan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali dalam meningkatkan volume penjualan produk gadai emas dan cicil emas? 2) Bagaimana peranan strategi marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan produk gadai emas dan cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali?
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: 1) Untuk mengetahui strategi marketing mix dan yang di implementasikan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali dalam meningkatkan volume penjualan produk gadai emas dan cicil emas. 2) Untuk mengetahui peranan strategi marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan produk gadai emas dan cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali.
Untuk meneliti dan mengolah data pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan subyek dengan menggunakan metode purposive. Analisis datanya menggunakan metode deskriptif. Dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Dan uji keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 1) Strategi marketing mix yang diimplementasikan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali yaitu dengan menerapkan komponen 7P yang ada pada strategi marketing mix. Tujuh komponen ini diimplementasikan dengan baik agar mampu meningkatkan volume penjulan produk gadai emas dan cicil emas. 2) Peranan strategi marketing mix dalam usaha meningkatkan volume penjualan produk gadai emas dan cicil emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali yaitu, setiap komponen dari strategi marketing mix memiliki peranan, tetapi dari tujuh komponen yang peranannya lebih penting yaitu price dan promotion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Sukma Lintang Nurmalasari
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:38
Last Modified: 13 Jul 2023 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26526

Actions (login required)

View Item View Item