ANALISIS EFEKTIVITAS DAN PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DISEKTOR PERTANIAAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA DI KSPP BMT UGT NUSANTARA INDONESIA CAPEM RAMBIPUJI

Ningsih, Jumainatun (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DISEKTOR PERTANIAAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA DI KSPP BMT UGT NUSANTARA INDONESIA CAPEM RAMBIPUJI. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI_NINGSIH water mark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jumainatun Ningsih, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I 2021: “Analisis Efektivitas Dan Peran Pembiayaan Murabahah Di Sektor Pertanian Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Di KSPP BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji.
Penyaluran pembiayaan murabahah disektor pertanian untuk kegiatan pertanian guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi, keberadaan modal menjadi salah satu faktor penting dalam melakukan upaya dalam melakukan usaha baik di bidang produksi maupun distribusi, untuk itulah BMT melakukan upaya dalam pelaksanaan penyaluran pembiayaan murabahah untuk sektor pertanian.
Adapun fokus penelitian ini sebagai berikut : 1. Bagaimana efektivitas dan peran pembiayaan murabahah di sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan anggota di BMT UGT NUSANTARA INDONESIA Capem Rambipuji? 2. Bagaimana penghambat dan pendorong efektivitas dan peran pembiayaan murabahah dalam meningkatkan kesejahteraan anggota di BMT UGT NUSANTARA INDONESIA Capem Rambipuji?
Tujuan penelitian ini dilakukan 1) Untuk mengetahui efektivitas dan peran pembiayaan murabahah disektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan anggota di KSPP BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji. 2) Untuk mengetahui penghambat dan pendorong pembiayaan murabahah disektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan anggota di KSPP BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, adapun sifat penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, serta dokumentasi sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan Triangulasi Sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang ditemukan adalah: 1) Pembiayaan yang dilakukan oleh BMT terhadap para petani sangat membantu para petani dari segi modal. BMT juga memberikan pelatihan terhadap para petani sehingga petani bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, 2) Hama dan juga keadaan cuaca yang tak menentu itu menjadi penghambat bagi para petani dalam bertani, karna kedua hal itu menjadi penentu untung dan ruginya seorang petani.
Kata Kunci: pembiayaan murabahah, sektor pertanian, BMT UGT Nusantara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: nn Jumainatun Ningsih
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:15
Last Modified: 12 Jul 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26527

Actions (login required)

View Item View Item