Implementasi Akuntansi Zakat Pada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Jembrana

Afif, Ahmad Irham (2023) Implementasi Akuntansi Zakat Pada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Jembrana. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Irham Afif_E20193072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Irham Afif, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si, 2023: Implementasi Akuntansi Zakat Pada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Jembrana.
Kata Kunci: Zakat, Akuntansi Zakat, Lembaga Pengelola Zakat
Dalam kehidupan bersosial di masyarakat sering sekali terjadi perbedaan pendapatan yang sulit untuk di selesaikan, karena hal ini ada sebagian masyarakat yang mempunyai harta yang lebih banyak dan jumlah barang yang berlebih di mana masyarakat ini digolongkan ke dalam masyarakat golongan kaya dan ada juga sedikit dari golongan masyarakat tersebut tidak memiliki harta dan tidak cukup mampu untuk membiayai kebutuhan hidup mereka, golongan masyarakat ini digolongkan ke dalam masyarakat fakir dan miskin. Adanya lembaga pengelola zakat seperti BAZNAS ini tentunya mempermudah penyaluran dana zakat yang akan dilakukan. Dalam pencatatan laporan keuangannya BAZNAS diatur dalam PSAK No. 109 yang mengatur terkait dengan penyajian, pengungkapan, pengukuran dan pengakuran serta kebijakan terkait dengan penghimpunan dan penyaluran.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu Bagaimana implementasi akuntansi zakat menurut PSAK No. 109 pada BAZNAS Kabupaten Jembrana?
Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui implementasi akuntansi zakat menurut PSAK No. 109 pada BAZNAS Kabupaten Jembrana.
Untuk meneliti dan mengolah data pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan subyek dengan menggunakan metode purposive. Analisis datanya menggunakan metode deskriptif. Dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Dan uji keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam penghimpunan dana zakatnya BAZNAS Kabupaten Jembrana mengihimpunnya dari masyarakat muslim yang ada di Kabupaten Jembrana, instansi-instansi baik kepemerintahan ataupun swasta serta lembaga Pendidikan dan sosial. Untuk penyaluran zakatnya dilakukan dengan menyalurkan kepada masyarakat yang tegolong dalam 8 asnaf, akan tetapi untuk di Kabupaten Jembrana sendiri lebih banyak disalurkan kepada fakir miskin dan fisabilillah. Penyaluran pada BAZNAS Kabupaten Jembrana juga ada yang berupa beasiswa Pendidikan dan paket sembako yang diberikan melalui takmir masjid setiap bulannya. Dalam pengimplementasian akuntansi zakat menurut PSAK No. 109 BAZNAS Kabupaten Jembrana sudah cukup baik dalam pengimplementasiannya walaupun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti tidak adanya laporan perubahan aset kelolaan, tidak adanya laporan aktivitas pendanaan pada laporan arus kas, dan masih ada kekurangan pada pengungkapan dana non amil yang disajikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Ahmad Irham Afif
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:00
Last Modified: 14 Jul 2023 06:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item View Item