Manajemen Program Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Kloposawit Candipuro Lumajang

Aprillianingsih, Alifia Bangkit (2023) Manajemen Program Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Kloposawit Candipuro Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
ALIFIA BANGKIT - T20163067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alifia Bangkit Aprillianingsih, 2023: Manajemen Program Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Kloposawit Candipuro Lumajang
Kata Kunci: Manajemen Program Pendidikan Pesantren, Pembentukan Karakter
Beberapa lembaga pendidikan selalu berupaya untuk memberikan program pendidikan untuk membentuk karakter peserta didik. Program pendidikan dapat berhasil mencapai tujuan tentunya dibarengi dengan manajemen yang baik dari suatu lembaga. Manajemen program pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap program pendidikan untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan program pendidikan pesantren dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Kloposawit Candipuro Lumajang?; 2. Bagaimana pelaksanaan program pendidikan pesantren dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Kloposawit Candipuro Lumajang?; 3. Bagaimana pengawasan program pendidikan pesantren dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Kloposawit Candipuro Lumajang?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program pendidikan pesantren dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Kloposawit Candipuro Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1. Perencanaan program pendidikan meliputi menetapkan tujuan, merumuskan keadaan sekarang, mengembangkan rencana dan pembagian kerja. 2. Pelaksanaan program terdiri dari: a. pelaksanaan program pendidikan kajian kitab kuning dilaksanakan dari ba’da salat shubuh dilanjutkan sekolah diniyah setelah salat ashar dan kajian kitab sebelum santri istirahat. b. Pelaksanaan program pendidikan bakat dan minat pada hari Senin, Jumat dan Minggu. c. Pelaksanaan program pendidikan kemasyarakatan pada Minggu pagi setelah kajian kitab. 3. Pengawasan program meliputi: a. Pengawasan terhadap program pendidikan kajian kitab kuning dilakukan satu minggu sekali melalui ujian secara tulis maupun lisan dan satu tahun sekali dilakukan dalam bentuk ujian tertulis secara bersama-sama oleh pondok yang diikuti oleh seluruh santri. b. Pengawasan pada program bakat dan minat melalui presensi setiap pertemuan. c. Pengawasan untuk program pendidikan kemasyarakatan dilakukan secara langsung oleh para pengurus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alifia Bangkit Aprillianingsih
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:55
Last Modified: 12 Jul 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26530

Actions (login required)

View Item View Item