Upaya Konstruksi Pengetahuan Mahasiswa dalam Kegiatan Pengenalan Lapangan Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KH Achmad Siddiq Jember Tahun 2022/2023

Tampubolon, Adelia (2023) Upaya Konstruksi Pengetahuan Mahasiswa dalam Kegiatan Pengenalan Lapangan Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KH Achmad Siddiq Jember Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ADELIA TAMPUBOLON_T20191184 water.pdf

Download (5MB)

Abstract

Adelia F Tampubolon,2023: Konstruksi Pengetahuan Mahasiswa dalam Kegiatan
Pengenalan Lapangan Pendidikan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam
Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun 2022/2023.
Kata kunci: Konstruksi Pengetahuan, Pengenalan Lapangan Pendidikan
Konstruksi pengetahuan terjadi pada tahap penyimpanan dan tahap pemanggilan
informasi. Tahap penyimpanan yaitu, setiap individu dapat mengkonstruksi suatu materi
pembelajaran pada saat ia sedang mempelajarinya, dan tahap pemanggilan informasi yaitu,
setiap individu mengkonstruksi pengetahuanya saat ada yang menanyakan kembali hal itu
sehingga dia kembali mengingat apa yang telah ia pelajari. Program Pengenalan Pendidikan
sendiri adalah “suatu tahapan dalam proses penyiapan guru professional pada jenjang program
sarjana Pendidikan” dengan capaian yang terbilang banyak dari program PLP ini apakah
dengan waktu selama 2 bulan dapat memenuhi capaian yang telah ditetapkan,
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana proses konstruksi
pengetahuan tahap penyimpanan (storage) pada mahasiswa PLP Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan dan Bahasa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2) bagaimana proses konstruksi
pengetahuan tahap pemanggilan (retrieve) pada mahasiswa PLP Fakultas Tarbiyash dan Ilmu
Keguruan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses konstruksi pengetahuan
melalui tahapan pemanggilan pada mahasiswa PLP Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan
Bahasa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember; 2) mendeskripsikan proses konstruksi
penegtahuan tahapan penyimpanan pada mahasiswa PLP Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan dan Bahasa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pencapaian tujuan penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Dalam penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tekni observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model
Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pada kebasahan data penelitian ini menggunakan teknik triangualasi sumber dan triangulasi
teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil yaitu 1) proses konstruksi pengetahuan tahapan
penyimpanan (storage) pada mahasiswa PLP FTIK di impelentasikan dengan cara mereka
sendiri, pada saat melaksankan PLP di minggu pertama mereka mengikuti guru pamong yang
sedang mengajar dikelas, mahasiswa memahami dan menagkap semua yang dipraktikkan guru
pamong saat mengajar dikelas, dan disitu ada pengetahuan baru yang mereka belum dapatkan
sebelumnya. Disitulah proses konstruksi tahap penyimpanan (storage) terjadi. 2) Proses
konstruksi pengetahuan tahapan pemanggilan kembali (retrieve) pada mahasiswa PLP FTIK
berlangsung secara bertahap dari awal mulai melaksanakan praktik hingga mereka selesai
melaksakan program PLP. Dengan mereka mendapatkan pengalaman mengajar mereka
menjadi semakin sering berinteraksi dengan objek dan lingkungannya, mak pengetahuan dan
pemahamannya akan objek dan lingkan tersebut akan meningkat. Mereka memanggil
pengetahuan lama mereka saat menyusun rencana pembelajaran yang akan digunakan di kelas
praktik nantinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adelia F Tampubolon,2023: Konstruksi Pengetahuan Mahasiswa dalam Kegiatan Pengenalan Lapangan Pendidikan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun 2022/2023. Kata kunci: Konstruksi Pengetahuan, Pengenalan Lapangan Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Adelia Fitriana Tampubolon
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:14
Last Modified: 12 Jul 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26532

Actions (login required)

View Item View Item