Pengembangan Media Pembelajaran Roda Pintar pada Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti Jember

Utami, Karmila (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Roda Pintar pada Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Karmila Utami _T20197040.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pemakaian media pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru dalam materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik sehingga dapat dengan mudah dipahami. Materi perbandingan senilai diberikan terlebih dahulu, kemudian diberikan materi perbandingan berbalik nilai. Hal ini dapat menyebabkan ingatan siswa terhadap materi perbandingan senilai lebih mendominasi daripada perbandingan berbalik nilai.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Kevalidan Media Pembelajaran Roda Pintar Pada Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Proporsional untuk Siswa kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti Jember. 2) Mendeskripsikan Kepraktisan Media Pembelajaran Roda Pintar Pada Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Proporsional untuk Siswa kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti Jember. 3) Mendeskripsikan Keefektifan Media Pembelajaran Roda Pintar Pada Materi Perbandingan untuk Meningkatkan kemampuan Penalaran Proporsional untuk Siswa kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,5 dengan kategori sangat baik/sangat valid. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 3,7 dengan kategori baik / valid. 2) Hasil kepraktisan yang didapatkan dari analisis angket siswa yang memperoleh presentase 83,89 % termasuk dalam kategori sangat kuat. 3) Tingkat keefektifan diperoleh dari Nilai Pretest dan Posttest dengan Uji Wilcoxon sehingga diketahui data sig bernilai 0,000. Karena Nilai 0,000<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “hipotesis alternatif diterima” Sehinggai daipait disimpulkain baihwai “Aidai pengairuh penggunaiain mediai pembelaijairain Rodai Pintair maiteri perbaindingain senilaii dain berbailik nilaii untuk meningkaitkain kemaimpuain penailairain proporsionail siswai kelais VII di SMP Airgopuro 1 Painti Jember ”. Lalu dilakukan uji N-Gain Score pada bagian mean memperoleh nilai 0,7159 sehingga ketegori yang diperoleh yaitu tinggi yang artinya efektifitasnya tinggi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Roda Pintar, Perbandingan, Kemampuan Penalaran Proporsional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: account individual Karmila Utami
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:33
Last Modified: 12 Jul 2023 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26533

Actions (login required)

View Item View Item