Pengembangan Media “Counting Box” Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al – Hidayah Mangli Jember.

Restari, Nabila (2023) Pengembangan Media “Counting Box” Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al – Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Nabila Nur Indah Restari_T20194024-1Revisi.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nabila Nur Indah Restari. 2023. Pengembangan Media“Counting Box”pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah AL – Hidayah Mangli Jember.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Counting Box, Materi Penjumlahan dan Pengurangan.
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, sehingga hal tersebut dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses pembelajaran yang baik untuk menambah informasi dan ilmu pengetahuan yang telah disampaikan oleh pendidik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Pada penelitian kali ini peneliti akan mengembangakan Media Counting Box. Media Counting Box adalah sebuah alat yang terbuat dari bahan kayu atau triplek yang berbentuk persegi panjang.
Dalam pengembangan Media Counting Box ini memilik beberapa rumusan masalah yang terdiri dari:(1) Bagaimana proses pengembangan Media “Counting Box” Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan kelas I. (2) Bagaimana kelayakan Media “Counting Box” Pada pembelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I. (3) Bagaimana Kepraktisan Media “Counting Box” Pada Pembelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I.(4) Bagaimana Keefektifan Media “Counting Box” Pada Pembelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I.
Tujuan penelitian ini adalah:(1). Mengetahui proses pengembangan media “Counting Box” pada pembelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Al – Hidayah Mangli Jember. (2). Mengetahui keefektifan Media “Counting Box” pada pembelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Al – Hidayah Mangli Jember. (3). Mengetahui kelayakan Media “Counting Box” Pada Pembelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I di Madrasah Ibtidaiyah AL – Hidayah Mangli Jember. (4). Mengetahui Keefektifan Media “Counting Box” Pada Pembelajaran Matematika materi Penjumlahan dan Pengurangan kelas I di Madrasah Ibtidaiyah AL – Hidayah Mangli Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Kemudian teknik analisi data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis Statistik Deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1). Proses Pengembangan Media Counting Box menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis dengan melakukan observasi dan wawancara, tahap desain dilakukan dengan membuat desain media Counting Box, tahap development dengan melakukan validasi kepada validator, tahap implementasi dilakukan dengan 2 tahap yaitu tahap skala kecil dengan 10 siswa dan tahap skala besar dengan 30 siswa, tahap evaluasi yaitu kesimpulan produk dengan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.(2). Hasil kelayakan Media Counting Box oleh validator ahli media 88% dengan kategori layak, oleh validator materi sebesar 96% dengan kategori sangat layak, sehingga mendapatkan rata – rata 87% dengan kategori sangat layak dan dinayatakan layak oleh pengguna skala kecil.(3). Hasil kepraktisan oleh guru dan peserta didik mendapatkan 89% Dengan kategori praktis oleh peserta didik dan 90 % dikategorikan sangat praktis oleh guru.(4). Hasil keefektifan mendapatkan hasil 84,15% yang diperoleh melalui soal pretest dan posttets yang menunjukkan media Counting Box efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Restari Nabila Nur Indah
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:37
Last Modified: 12 Jul 2023 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26535

Actions (login required)

View Item View Item