Analisis Perhitungan Biaya Produksi Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Roti Pada Home Industry Morlano Balibond Orlendi (MBO) Bakery di Desa Manggisan Kabupaten Jember

Safitri, Salsabela (2023) Analisis Perhitungan Biaya Produksi Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Roti Pada Home Industry Morlano Balibond Orlendi (MBO) Bakery di Desa Manggisan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SALSABELA SAFITRI WATERMARK FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salsabela Safitri, Suprianik, S.E., M.Si, 2023. “Analisis Perhitungan Biaya Produksi Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Roti Pada Home Industri Morlano Balibond Orlendi (MBO) Bakery Di Desa Manggisan Kabupaten Jember”.
Biaya produksi adalah biaya yang berasal dari penyediaan bahan baku hingga biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi bahan baku sehingga menjadi barang jadi yang siap untuk dijual. Metode perhitungan biaya produksi merupakan cara memperhitungkan berbagai elemen-elemen biaya kedalam biaya produksi, sehingga dalam proses produksi produk perlu diketahui terlebih dahulu sistem perhitungan yang akan dipakai agar dapat merefleksikan biaya dari semua sumber daya yang digunakan untuk menghasilan suatu produk. Metode Full Costing yaitu metode yang menentukan biaya produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi ke dalam perhitungan biaya produksi, yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik, baik yang berperilaku variabel maupun tetap.
Fokus masalah pada penelitian ini yaitu meliputi: 1)Bagaimana Analisis Perhitungan Biaya Produksi Pada Home Industri Morlano Balibond Orlendi (MBO) Bakery Di Desa Manggisan Kabupaten Jember? 2)Apakah Metode Full Costing Dapat Diterapkan Pada Home Industri Morlano Balibond Orlendi (MBO) Bakery Di Desa Manggisan Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui analisis perhitungan biaya produksi roti pada Home Industri Morlano Balibond Orlendi (MBO) Bakery Di Desa Manggisan Kabupaten Jember. 2)Untuk mengetahui bahwa metode full costing dapat diterapkan pada Home Industry Morlano Balibond Orlendi (MBO) Bakery Di Desa Manggisan Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian menggunakan field research. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan data-data temuan dilapangan dan data pustaka. Lokasi penelitian dilakukan di Home Industri Morlano Balibond Orlendi (MBO) Bakery di Desa Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Hasil penelitian ini adalah:1) Pada perhitungan biaya produksi yang dipakai perusahaan masih menggunakan perhitungan tradisional tanpa melibatkan biaya-biaya yang seharusnya juga diperhitungkan dengan begitu peneliti menyarankan dalam melakukan biaya produksi perusahaan menggunakan metode full costing, 2)Penerapan metode Full Costing dengan hasil yang diperoleh setelah menerapkan metode biaya penuh, didapatkan mengalami peningkatan sehingga disarankan bagi perusahaan ini untuk menerapkan metode ini karena dengan metode tersebut seluruh biaya telah dihitung, perhitungan biaya produksi menggunakan metode full costing, maka perusahaan dapat menerapkan metode perhitungan tersebut. Karena dapat meningkatkan omset penjualan.
Kata Kunci: Home Industry, Perhitungan Biaya Produksi, Dan Full Costing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Salsabela Safitri
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:45
Last Modified: 12 Jul 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26536

Actions (login required)

View Item View Item