Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI MIPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Rindang, Khamila Dara (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI MIPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHAMILA DARA RINDANG_T20198141_TADRIS BIOLOGI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Keaktifan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Dengan siswa aktif akan membuat siswa lebih keras, tekun, tidak pemalu serta memiliki
konsentrasi penuh dalam proses pembelajaran. Akan tetapi kenyataannya mayoritas siswa
memiliki keaktifan yang rendah. Berdasarkan hasil observasi di SMAN Umbulsari
menunjukkan bahwa saat pembelajaran guru hanya sering menggunakan pembelajaran
konvensional sehingga membuat siswa menjadi pasif sehingga mengakibatkan kurangnya
keaktifan dan hasil belajar yang masih rendah.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan keaktifan siswa kelas kontrol
setelah dibelajarkan menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen setelah
dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement
divisions (STAD) dengan pemberian reward dan punishment pada materi sistem pertahanan
tubuh kelas XI MIPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2)
Untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol setelah dibelajarkan
menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) dengan
pemberian reward dan punishment pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di
SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui pengaruh
signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD)
dengan pemberian reward dan punishment terhadap keaktifan siswa materi sistem pertahanan
tubuh kelas XI MIPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 4)Untuk
mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student teams
achievement divisions (STAD) dengan pemberian reward dan punishment terhadap hasil
belajar kognitif siswa materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA Negeri
Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment
dengan bentuk penelitian eksperimen ini adalah Nonequivalen group post-test only design.
Sampel penelitian ini terdiri dari kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3
sebagai kelas kontrol dengan jumlah total kedua sampel yaitu 64. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes
dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan data kuesioner keaktifan, kelas
eksperimen memperoleh skor rata-rata 62,03 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata
58,10. Dalam hal ini pengkategorisasian nilai keaktifan siswa tergolong tinggi untuk kelas
eksperimen dan sedang untuk kelas kontrol. 2)Berdasarkan data hasil belajar, kelas
eksperimen memperoleh skor rata-rata 80,74 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata
74,83. Dalam hal ini rata-rata data hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas
kontrol. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student
teams achievement divisions (STAD) dengan pemberian reward dan punishment terhadap
keaktifan siswa materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA Negeri Umbulsari
Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi Uji Z sebesar 0,009 sesuai
dengan keputusan hipotesis Ha1.4) Terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran
kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) dengan pemberian reward dan
punishment terhadap hasil belajar kognitif siswa materi sistem pertahanan tubuh kelas XI
MIPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 Uji Z sebesar 0,009
sesuai dengan keputusan hipotesis Ha2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Khamila Dara Rindang
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:34
Last Modified: 12 Jul 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item View Item