Implementasi Prmbelajaran Fiqh Menggunakan Media Sosial di Semester 2 Kelas Tadris Bahasa Inggris 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun ajaran 2022-2013

Munawaroh, Inarotul (2023) Implementasi Prmbelajaran Fiqh Menggunakan Media Sosial di Semester 2 Kelas Tadris Bahasa Inggris 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun ajaran 2022-2013. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI INAROTUL MUNAWAROH T20191445 Final.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2024.

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Fiqh, Media Sosial, Tik Tok
Pembelajaran fiqih perlu adanya inovasi pembelajaran agar pembelajaran lebih bermakna. Salah satu inovasi media pembelajaran fiqih yang diterapkan di semester 2 kelas Tadris Bahasa Inggris 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yakni media pembelajaran Tik Tok yang memiliki peranan signifikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih sebab media ini merupakan media yang membuat mahasiswa menjadi lebih aktif.
Adapun fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran fiqih menggunakan media sosial di Semester 2 kelas Tadris Bahasa Inggris 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqh menggunakan media sosial di Semester 2 kelas Tadris Bahasa Inggris 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqh menggunakan media sosial di Semester 2 kelas Tadris Bahasa Inggris 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles, Hubermann dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1. Perencanaan pembelajaran meliputi 7 asepek utama yaitu; a. Dosen menentukan kemampuan akhir yang diharapkan yaitu mahasiswa mampu menganalisis sholat jamak dan qashar, b. Dosen menetapkan bahan kajian yaitu shalat jamak dan qasar, c. Dosen menetapkan pengalaman belajar yakni mahasiswa membuat makalah dan Power Point sesuai materi yang telah ditentukan kemudian mempresentasikan hasilnya, membuat resume materi pembelajaran, membuat video pembelajaran berbasis media sosial Tik Tok sesuai dengan materi diskusi, d. Dosen menetapkan bentuk pembelajaran berupa dialog dan diskusi, e. Dosen menetapkan waktu belajar yakni 2 sks (170 menit), f. Dosen menetapkan kriteria penilaian yaitu 1). Mahasiswa yang presentasi: penguasaan materi, kemampuan menjawab pertanyaan, membuat video pembelajaran Tik Tok yang menarik sesuai dengan materi diskusi, 2). Mahasiswa yang menyimak: keterlibatan aktif dalam diskusi, g. Dosen menetapkan bobot nilai yakni UTS 20%, UAS 40 % dan 40 % nilai keseharian. 2. Pelaksanaan pembelajaran yaitu: a. Dosen membuka pelajaran dengan memberikan salam, memimpin pembacaan doa, mengecek kehadiran mahasiswa, bertanya terkait materi apa yang akan dipelajari hari ini, b. Mahasiswa presentasi 20 menit, praktik langsung dan sesi tanya jawab, c. Menggunakan media pembelajaran berupa Tik Tok dan Power Point d. Menutup pembelajaran dengan mereview materi, menjawab pertanyaan-pertanyaan, menyimpulkan hasil disku membuat video pembelajaran Tik Tok yang menarik sesuai dengan materi diskusi,si, berdo'a bersama dan mengucapkan salam. 3. Evaluasi pembelajaran dilakukan dosen melalui observasi dari segi keaktifan serta dosen menilai mahasiswa melalui tes formatif berupa pilihan ganda dan memperoleh nilai yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syukronkasir03@gmail.com
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Inarotul Munawaroh
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:33
Last Modified: 12 Jul 2023 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26549

Actions (login required)

View Item View Item